Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Kenali Gejala Penyakit Batuk dan Penyebabnya

Pada dasarnya setiap manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan segala gangguan dari luar tubuh. Salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh manusia ialah batuk. Pasti dari Anda pernah mengalami penyakit yang satu ini. Di kalangan anak-anak pun penyakit ini paling sering mewabah. Batuk itu sendiri terjadi akibat rangsangan alami yang terjadi di daerah tenggorokan dari debu, iritasi atau asap supaya keluar dari saluran pernapasan. Pada umumnya, batuk akan sembuh dalam jangka waktu 3 minggu serta tidak membutuhkan pengobatan secara khusus. Namun apabila batuk telah melewati 100 hari maka batuk tersebut sudah menjadi gejala batuk kronis.

Berikut ini merupakan Gejala Penyakit Batuk dan Penyebabnya serta Jenis-jenis Batuk

Gejala Penyakit Batuk dan Penyebabnya

Penyebab Batuk dan gejalanya

Pada umumnya batuk itu disebabkan karena terjadinya infeksi di daerah saluran pernapasan di bagian atas, hal ini juga sebagai salah satu gejala flu. Bisa juga batuk disebabkan akibat ISPA. Bila orang yang memiliki alergi terhadap sesuatu, ada juga yang respon terhadap alerginya ke batuk. Batuk pun, juga bisa dirangsang akibat penyakit asma atau bahkan tuberculosis. Kemasukan benda asing kedalam sistem saluran pernapasan juga bisa merangsang batuk.

Bagi Anda yang gemar minum susu, berhati-hati ketika meminum susu. Karena tersedak ketika meminum susu pun bisa memicu batuk yang berkepanjangan. Penyebab batuk lainnya ialah, menjadi perokok pasif. Selain batuk, perokok pasif pun bisa beresiko kanker paru-paru lebih tinggi ketimbang perokok aktif. Gejala yang timbul pada penyakit yang cukup menjengkelkan ini ialah timbulnya rasa gatal dan terasa kering pada tenggorokan.

Jenis Batuk berdasarkan waktu

Secara garis besar batuk bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yakni batuk kronis dan batuk akut. Dan kedua jenis batuk tersebut digolongkan berdasarkan lamanya penderita mengalami batuk. Batuk akut, merupakan batuk yang terjadi selama 2 minggu dalam 1 episode. 1 episode ini maksudnya ialah secara berturut-turut. Sedangkan batuk kronis merupakan batuk yang lebih dikenal batuk 100 hari dan paling sering menyerang umur anak-anak. dan biasanya hal tersebut juga ada pengaruh bawaan penyakit asma, tuberkolosis dan pertusis. Pertusis ini sendiri merupakan batuk yang diakibatkan oleh kuman Bordetella pertussis. Untungnya penyakit ini dapat dicegah melalui injeksi imunisasi DPT.FM JB.

Jenis Batuk Berdasarkan sakitnya

Ada juga yang membagikan batuk berdasarkan jenis sakitnya. Yakni batuk berdahak dan batuk tidak berdahak atau batuk kering. Batuk berdahak yakni batuk yang diiringi dengan lendir yang terdapat dibagian kerongkongan. Jadi para penderita batuk berdahak nantinya akan mengalami batuk yang disertakan oleh reak, dan bisa juga mengganggu saluran pernafasan. Sedangkan batuk kering atau tidak berdahak ialah batuk yang tidak disertai lendir. Sehingga para penderita batuk kering akan mengalami kesakitan di bagian kerongkongan pada tiap kali mereka batuk. Bahkan bila tidak ditangani dengan baik, batuk ini dapat mengakibatkan batuk berdarah.

Dari penjelasan diatas, sehatfit.com memberikan rujukan untuk Anda agar mengenali jenis batuk dan pahami segala gejala yang ada. harus diketahui juga bahwa beda jenis batuk maka akan beda juga cara menanggulanginya. Lebih cermatlah dalam memahami batuk, terutama batuk yang dialami pada anak. Gejala Penyakit Batuk dan Penyebabnya yang dialami anak pun akan berbeda pada orang dewasa pada umumnya, maka dari itu untuk orang tua harap lebih berhati-hati dalam memberikan obat yang sesuai untuk buah hati.


Tags: , , , , ,