Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Kenali 8 Gejala Asma Di sini – Sesak Napas Tak Selalu Asma

Gejala asma perlu sekali diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, masih banyak yang mendefinisikan sesak napas sebagai asma. Padahal, keduanya berbeda satu sama lain. Memang, sesak nafas merupakan salah satu gejala yang mungkin ditimbulkan oleh asma, akan tetapi tidak semua sesak napas merupakan asma. Lebih detail tentang gejala penyakit ini, kami sajikan ulasannya untuk Anda;

Inilah 8 gejala asma yang paling sering terjadi dan harus Anda tahu

gejala asma

Pertama, sesak napas

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa sesak napas merupakan salah satu tanda dari penyakit asma. Namun demikian, saat Anda menderita sesak napas, bukan berarti Anda menderita asma, sebab sesak napas juga bisa disebabkan oleh alergi, pertanda penyakit jantung, atau yang lainnya.

Kedua, dada terasa sesak dan sakit

Orang yang menderita asma akan merasakan sesak di dada saat asmanya kambuh. Seperti diketahui, sebagian besar penderita asma jarang mengalami asma di waktu-waktu tertentu saja. Tidak bisa ditebak, tapi bisa kebanyakan tidak sepanjang waktu. Karena terlalu sesak, dada akan terasa sangat sakit.

Ketiga, sulit tidur

Yang dimaksud di sini bukanlah insomnia, melainkan kesulitan tidur akibat susah sekali untuk bernafas. Sesak nafas yang diderita oleh penderita asma sangat menyiksa sehingga pikiran dan tubuhnya tidak bisa rileks dan tidak bisa tidur dengan tenang.

Keempat, mengi

Inilah pembeda antara sesak nafas biasa dengan asma. Penderita asma biasanya akan mengeluarkan suara-suara yang biasanya disebut mengi saat bernafas. Ini akan terdengar saat berat saat asmanya sedang kambuh. Orang yang mengalami sesak nafas biasa dengan asma juga akan menunjukkan gejala yang berbeda saat diperiksa dengan stetoskop oleh seorang dokter. Suara dari mengi penderita asma ini akan dapat didengar dengan jelas menggunakan alat tersebut.

Kelima, batuk dan pilek

Salah satu gejala asma yang ditimbulkan selain mengi pada pernafasan adalah batuk dan pilek. Biasanya, seorang penderita asma akan merasakan rasa nyeri pada dadanya saat batuk. Untuk itu, mereka harus terhindar dari virus pernafasan, virus batuk, pilek atau flu.

Selanjutnya, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui penyakit asma tersebut memburuk atau tidak. Berikut tanda asma yang telah memburuk.

Keenam, gejala asma lebih sering dan mengganggu

Asma dapat semakin parah, hal ini ditandai dengan semakin seringnya Anda merasakan gejala-gejala di atas.

Ketujuh, sulit bernapas lebih sering

Kesulitan bernapas tidak bisa Anda abaikan, apalagi jika ini terjadi sangat sering.

Kedelapan, membutuhkan inhaler lebih sering dan lama

Asma yang sudah parah ditandai dengan kebutuhan akan inhaler, lebih sering dan harus cepat. Karena telat sedikit saja, mungkin penderita asma akan merasa susah sekali untuk bernafas. Dan ini kondisi yang buruk.

Itulah 8 gejala asma yang dapat kami rangkum. Untuk Anda ketahui, asma dapat kambuh dengan dipicu beberapa hal seperti olahraga, lelah bekerja, dan alergi.


Tags: , , , , , ,