Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan sehat ibu menyusui – Seorang ibu pasti akan merasa bahagia jika memiliki bayi yang masih mungil, karena momen tersebut adalah masa indah dimana sang buah hati masih lucu. Namun kebahagiaan tersebut tentu harus diimbangi dengan banyak hal, terutama dalam masalah kesehatan. Ya, seorang ibu butuh asupan makanan yang khusus saat masa menyusui, supaya sang ibu tetap sehat dan kualitas ASI yang dihasilkan cukup baik untuk asupan si bayi. Hal ini sudah sepatutnya diperhatikan dengan serius oleh para orang tua, dan mencari informasi lebih tentang Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui. Berikut ini kami telah merangkum ulasannya untuk anda. Selamat menyimak!

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Ibu Menyusui

  • Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan terbaik untuk ibu menyusui karena mengandung DHA. Kandungan ini sangat baik untuk perkembangan syaraf bayi, sehingga sang buah hati akan tetap dalam kondisi normal dan sehat. Para ibu menyusui tentu sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon secara rutin. Selain untuk perkembangan syaraf, ikan salmon juga berpengaruh baik pada mood dan pikiran anda, sehinnga bisa terhindar dari baby blues.

  • Susu Rendah Lemak

Susu memiliki segala macam kandungan yang sangat baik untuk ibu menyusui, dari mulai Vitamin B, Vitamin D, dan protein. Pilihlah produk susu rendah lemak yang mengandung kalsium tinggi, supaya pertumbuhan tulang sang buah hati bisa berjalan baik dan normal.

  • Daging Sapi Rendah Lemak

Saat sedang masa menyusui, seseorang tentu akan butuh tenaga yang lebih ekstra untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Daging sapi rendah lemak adalah jawabannya, karena mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kandungan protein dan B12 di dalamnya juga sangat baik untuk buah hati anda.

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang hitam dan merah adalah makanan yang sangat baik untuk ibu menyusui, karena mengandung zat besi dan protein non-hewani. Selain manfaatnya yang luar biasa, harganya juga terbilang murah sehingga aman di kantong. Konsumsi kacang-kacangan tentu akan menjadi kendala bagi anda yang tidak terbiasa. Namun bagi seorang vegetarian, mengkonsumsi kacang-kacangan sudah menjadi hal biasa dan rutin setiap hari.

  • Beras Merah

Seorang ibu menyusui biasanya ingin tetap tampil ideal walaupun setelah melahirkan. Akhirnya kebanyakan dari mereka malakukan diet dengan mengurangi asupan nasi supaya tubuh kembali langsing. Namun hal ini bukan tanpa efek samping, karena kurangnya karbohidrat bisa menurunkan kualitas ASI. Untuk mengatasi masalah tersebut, beralihlah pada beras merah. Ya, beras yang satu ini bisa memberi asupan karbohidrat yang cukup tanpa membuat anda gendut.

  • Telur

Telur adalah sumber Vitamin D alami yang baik untuk nutrisi tulang anda, dan membantu pertumbuhan tulang sang buah hati. Telur termasuk makanan yang ekonomis, sehingga anda bisa membelinya dalam stok banyak.

Itulah beberapa Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui. Para ibu menyususi wajib mengkonsumsi beberapa makanan di atas supaya bisa menghasilkan ASI yang berkualitas. Dengan demikian, kesehatan sang buah hati akan terjamin dan bisa tumbuh dengan sehat. Jangan pernah menganggap remeh hal ini, karena sebagai orang tua anda memiliki kewajiban dan tanggung jawab besar untuk mengurus sang buah hati. Diperlukan pula konsultasi yang intens dengan dokter ahli, supaya anda bisa mendapat bimbingan serta gambaran yang jelas perihal kondisi menyusui. Terima kasih sudah menyimak ulasan tentang Makanan Sehat Untuk Ibu menyusui, semoga bermanfaat.


Tags: , , , , , , , ,