Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Jenis dan Penyebab Sariawan Untuk Diketahui

Jenis dan Penyebab Sariawan Untuk Diketahui – Hampir semua orang pernah merasakan sariawan, baik itu di bibir, lidah, maupun di sekitar gusi yang dekat dengan gusi. Luka yang ada di bibir, lidah, maupun gusi yang dekat dengan gusi tersebut terasa perih saat Anda makan, minum, atau sedang berbicara. Aktivitas menggunakan mulut pun terasa kurang nyaman. Perlu Anda ketahui, ada banyak sekali penyebab sariawan terjadi pada diri Anda. Biasanya, penyebab sariawan tersebut dikaitkan dengan jenisnya yang beragam pula. Dalam artikel ini, kami akan memberikan pemaparan tentang penyebab dan jenis dari sariawan. Silakan simak untuk informasi lebih lengkapnya.

Waspada jenis dan penyebab sariawan berikut ini!

Jenis dan Penyebab Sariawan Untuk Diketahui

Jenis sariawan

Beberapa jenis sariawan di antaranya adalah

Pertama, sariawan iritasi

Terjadinya iritasi pada mulut bisa jadi menyebabkan mulut menjadi rusak, utamanya pada bagian mukosa. Dengan iritasi ini, timbullah luka atau ulkus yang sering disebut sariawan. Sariawan jenis pertama ini sering kali kita alami. Contoh mudahnya, adalah saat kita makan, tiba-tiba tergigit di bagian bibir bawah. Saat itulah luka akan berkembang menjadi sariawan dan akan membuat Anda kurang nyaman saat makan berikutnya.

Pertama, sariawan herpes

Jenis dan penyebab sariawan kedua adalah sariawan herpes. Jenis yang satu ini berkaitan dengan virus herpes. Karena infeksi virus herpes ini seseorang bisa mengalami sariawan. Biasanya sariawan jenis ini ditandai dengan adanya sariawan yang berkelompok di bibir bagian dalam. Pada dasarnya, herpes tidak hanya bisa menyerang bibir atau mukosa saja. Virus ini juga bisa menginfeksi kulit dan biasanya akan menimbulkan kerak atau keropeng. Sementara untuk sariawan pada mulut yang diakibatkan oleh virus ini, biasanya terjadi pada langit-langit mulut, gusi, dan lokasi lainnya. Yang menarik, biasanya sariawan jenis ini terjadi dari 7 hingga 10 hari. Dan tanda awalnya berupa nyeri, pedih, panas seperti terbakar, dan kesemutan. Bahkan, disertai juga dengan pilek dan flu.

Ketiga, tomatitis aphtous atau canker sore

Sariawan jenis ini sering juga disebut ulkus aphthous. Untuk menandai sariawan jenis ini Anda bisa melihat model dan bentuk sariawannya. Warnanya biasanya pucat atau berwarna kuning. Selain warna kuning dan pucat, bagian pinggir dari sariawan tersebut juga terlihat kemerahan. Biasanya ada di mulut, bisa hanya tunggal 1 atau juga bisa berkelompok. Lokasi yang biasanya mengalami sariawan di mulut adalah lidah, bibir, dan pipi bagian dalam. Kalau jenis yang ketiga ini biasanya terjadi dari 5 hingga 10 hari.

Baca juga makanan sehat untuk mengatasi sariawan dengan cepat.

Tentang jenis dan penyebab sariawan secara lengkap

Selanjutnya, kami akan memberikan gambaran mengenai penyebab dari masing-masing jenis sariawan di atas. Kami akan memberikan gambaran sesuai dengan jenisnya sebagaimana ulasan lengkap di bawah ini;

Pertama, sariawan iritasi

Seperti namanya, sariawan jenis ini dikarenakan iritasi yang terjadi pada bibir, lidah, atau bagian mulut lainnya. Lebih jelas tentang jenis dan penyebab sariawan iritasi ini, kami memberikan pemaparan tentang faktor pemicunya di bawah ini;

  1. Lidah yang tergigit
  2. Bibir yang tergigit
  3. Lidah yang tergigit
  4. Mengonsumsi makanan atau minuman yang panas
  5. Nginang atau aktivitas mengunyah tembakau
  6. Alergi pada makanan
  7. Alergi pada obat-obatan
  8. Adanya penyakit gusi atau gingivitis
  9. Infeksi mulut
  10. Pemakaian kawat gigi
  11. Penggunaan peralatan gigi yang tajam
  12. Adanya gigi yang patah
  13. Penyakit autoimun
  14. Kemoterapi
  15. Penggunaan obat antibiotik
  16. Paparan radiasi, dan yang lainnya

Selain jenis dan penyebab sariawan iritasi di atas, masih ada faktor yang bisa menyebabkan sariawan di mulut Anda.

Kedua, sariawan herpes

Sebagaimana diketahui, sariawan herpes disebabkan oleh infeksi virus herpes atau yang lebih dikenal dengan nama virus herpes simpleks tipe 1. Sariawan jenis ini bisa menular, tidak seperti jenis sariawan lainnya. Pada fase awal, gejalanya tidak mudah dikenali. Bahkan ada yang mengatakan kalau seseorang terkena flu dan pilek padahal sebenarnya menderita penyakit ini. Alasan mengapa dianggap mengalami flu dan pilek adalah karena gejalanya sangat mirip sekali dengan dua penyakit itu. Untuk itu, jenis dan penyebab sariawan herpes ini harus dikenali dengan benar. Supaya bisa mendapatkan penanganan yang benar pula. Yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa virus yang telah menginfeksi seseorang biasanya juga akan tinggal dalam diri orang tersebut. Virus ini bisa aktif kembali saat daya tahan tubuh seseorang sedang turun atau drop. Contoh mudahnya adalah saat seseorang mengalami stress, adanya perubahan hormonal seperti saat hamil maupun menstruasi, trauma, demam, dan yang lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya jika Anda pernah mengalami jenis dan penyebab sariawan satu ini, hindari stress dan jangan sampai daya tahan tubuh atau imunitas Anda terganggu. Supaya Anda juga bisa terhindar dari berulangnya sariawan yang Anda derita. Terlebih, perlu Anda ketahui kalau sariawan jenis ini mudah sekali diketahui. Di mana biasanya terjadi pada lokasi yang sama. Dan bisa menular bahkan hingga kulit bagian sensitif.

Ketiga, sariawan aphtous

Kalau jenis sariawan yang satu ini belum diketahui penyebab pastinya. Namun ada beberapa faktor yang kemungkinan bisa mempengaruhinya, seperti terjadinya infeksi bakteri dan juga virus. Faktor lain yang juga dikaitkan dengan jenis sariawan ini adalah;

  1. Kekurangan gizi
  2. Konsumsi makanan tertentu seperti keju, jeruk, kacang-kacangan, dll
  3. Trauma pada mulut
  4. Kurang tidur
  5. Stress
  6. Penurunan berat badan secara mendadak, dan yang lainnya.

Bahkan, sariawan jenis ini juga bisa diakibatkan oleh penurunan daya tahan tubuh akibat penyakit tertentu. Misalnya, Anda mengalami sakit pilek dan daya tahan tubuh menurun, maka akan lebih mudah mengalami sariawan jenis ini ketimbang saat Anda masih dalam kondisi sehat. Kekurangan asam folat dan vitamin B12 pun dikaitkan dengan kondisi yang sama.

Jadi, mengetahui secara jelas tentang jenis dan penyebab sariawan sangatlah penting. Supaya Anda sendiri bisa mengerti jenisnya berikut bagaimana penanganannya dengan cepat.

Salam Sehat – sehatfit.com


Tags: , , , , , ,