Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Ini Dia Makanan Sehat Penderita Batuk Pilek dan Obatnya

Bila menderita batuk pilek, maka sudah sepantasnya anda menjaga pola makan menjadi lebih baik. karena batuk yang tak berujung sembuh dapat mengakibatkan batuk kronis yang malah nantinya bisa berujung fatal. Maka dari itu kegiatan mencegah akan lebih baik dari pada menanggulangi. Maka dari itu, sehatfit.com kali ini akan membahas tentang Makanan Sehat Penderita Batuk Pilek dan Obatnya.

APA SAJA SIH YANG TERGOLONG MAKANAN SEHAT PENDERITA BATUK PILEK DAN OBATNYA SEPERTI APA? YUK DISIMAK

Makanan Sehat Penderita Batuk Pilek dan Obatnya

Makanan sehat untuk penderita batuk pilek

Makanan yang sehat untuk batuk pilek sangatlah mudah ditemui.

  • Anda hanya cukup memakan makanan yang hangat. Makanan atau minuman hangat dapat melelehkan ingus yang padat di area hidung dan nantinya akan keluar melalui mulut dalam bentuk ludah. Minuman atau makanan hangat sangat berguna bagi anda yang mengalami mampet. Selain itu, makanan atau minuman hanya dapat mencegah timbulnya dehidrasi serta tenggorokan akan terasa lebih lega.
  • Lalu jangan lupa untuk meningkatkan konsumsi air putih. Meminum banyak air putih memang sudah kebutuhan bagi setiap manusia. Dengan meminum setidaknya 7 sampai 8 gelas air dalam sehari, anda sudah dapat menjaga tenggorokan anda tetap bersih dari kuman.
  • Selanjutnya, dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran bisa menjadi makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita batuk dan pilek. Kandungan vitamin dan mineral di buah dan sayur dapat mempertebal sistem imun kita sehingga dapat melawan segala virus terutama virus yang mengakibatkan flu.
  • Makan makanan pedas pun disebut-sebut bisa menyembuhkan penyakit flu dan batuk. Senyawa yang terdapat pada cabe seperti capsaicin disinyalir dapat membersihkan organ hidung. Sehingga jika anda mengonsumsi makanan pedas saat flu, hidung anda akan terasa lebih lega.
  • Minuman tradisional seperti minuman wedang jahe juga merupakan makanan atau minuman yang sehat dan bahkan bisa mengobati batuk dan pilek.

Obat untuk penyakit batuk pilek

Banyak obat yang bisa Anda pilih untuk menyembuhkan batuk pilek yang mulai dari ramuan tradisional, ramuan herbal, cara alami hingga mengonsumsi resep dokter. Cara tradisional yang paling mudah dilakukan untuk mengobati batuk pilek ialah dengan berkumur dengan air garam. Fungsinya ialah untuk membuat hidung yang mampet menjadi lega.

Dengan menggunakan balsem yang dioleskan pada dada, juga bisa mengobati rasa sesak akibat batuk. Aroma balsem yang hangat juga bisa melegakan pernafasan yang tersumbat akibat hidung yang mampet.

Untuk obat yang dijual di apotek pun bisa anda konsumsi, seperti parasetamol, dekongestan, ibuprofen, dan aspirin. Perhatian kepada anda yang ingin mengonsumsi obat dari apotek, diharapkan untuk melihat dosis dan aturan pakai sebelum mengonsumsinya. Terlebih lagi apa bila untuk anak anda, bertanyalah kepada orang yang lebih handal dalam menangani hal-hal yang terkait dengan dunia medis.

Suplemen Untuk batuk pilek

Suplemen pun bisa menjadi alternatif obat yang bisa menyembuhkan penyakit batuk pilek. Salah satunya ialah suplemen zinc atau seng. Meski demikian, penggunaan suplemen yang mengandung zat seng berlebih memiliki efek samping. Maka dari itu, bila anda terpaksa untuk mengonsumsi obat suplemen jenis ini, harap berhati-hati dan memperhatikan dosis yang pas.

Dengan penjelasan ini, anda sudah mengerti makanan apa saja yang bisa dan baik untuk dikonsumsi penderita batuk dan pilek. Demi mencegah penyebaran dan juga penularan penyakit batuk pilek maka mulailah pola hidup sehat. Bisa dilakukan dengan lebih sering berolah raga dan mengatur pola makan secara teratur dengan porsi yang seimbang serta gizi yang mencukupi. Baca juga penyebab dan gejala batuk pilek. Dengan cara menanggulangi seperti itu maka dijamin anda bisa melawan segala virus yang bisa mengakibatkan pilek.


Tags: , , , , , , , , , , ,