Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Gejala Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi – Gejala penyakit tekanan darah tinggi atau High Blood Pressure pada umumnya tidak sama pada masing-masing orang. Maksudnya, gejala dari penyakit ini tidak dapat dijelaskan secara eksak. Terlebih, gejala itu bisa dialami oleh seseorang saat tekanan darahnya sudah naik dan bahkan mengancam jiwa. Gejala-gejala yang selama ini dikaitkan dengan tekanan darah tinggi seperti pusing, sakit kepala, dan yang lainnya mungkin saja dialami oleh penderita penyakit lain. Dan tidak harus menunjukkan penyakit tekanan darah tinggi. Namun demikian, kami akan sedikit memaparkan beberapa kondisi yang mungkin dapat menggambarkan penyakit ini pada beberapa orang.

Kenali gejala penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang mungkin dialami

Gejala Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Pertama, pusing dan sakit kepala

Sakit kepala dan pusing menjadi salah satu masalah yang memang bisa dialami oleh siapa saja. Gejala ini bisa dikatakan sebagai gejala umum dari berbagai macam penyakit, tidak hanya tekanan darah tinggi saja. Namun demikian, ada yang beranggapan bahwa hipertensi bisa menyebabkan rasa nyeri di kepala yang teramat sangat. Dan jika ini Anda alami dan terjadinya tiba-tiba, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter agar lebih aman. Jika pun bukan karena tekanan darah tinggi, penyakit yang Anda alami bisa langsung diketahui sejak dini.

Kedua, mimisan

Ada yang pernah mengatakan kalau mimisan menjadi salah satu tanda dan ciri hipertensi. Apakah ini benar? Memang ada sebagian orang yang mengalaminya saat mengalami kenaikan tekanan darah secara tidak normal. Namun, mimisan juga bisa diakibatkan oleh hal lain, seperti panas tubuh yang meningkat atau bahkan karena pecahnya pembuluh darah akibat kanker. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan Anda.

Ketiga, blood spot

Blood spot di mata biasanya dikaitkan dengan masalah tekanan darah tinggi. Masalah ini juga dianggap sebagai gejala penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang perlu diwaspadai. Namun, tidak selamanya blood spot yang ada di mata bisa menandakan seseorang terkena penyakit tekanan darah tinggi. Penderita diabetes mellitus pun bisa mengalami hal yang sama. Jadi, amannya Anda datang ke dokter tepercaya dan menanyakan apa yang sebenarnya terjadi.

Keempat, muka memerah

Salah satu kondisi yang dikaitkan dengan tekanan darah tinggi adalah muka memerah. Kondisi ini sangat jarang dialami oleh orang Indonesia yang notabene memiliki kulit sawo matang. Biasanya kondisi ini terlihat pada ras kulit putih yang memang memiliki kecenderungan perubahan warna wajah yang bisa langsung dilihat dengan mata telanjang.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Hipertensi Sebagai Obat Alami

Kelima, gejala lainnya

Gejala lain yang mungkin dialami oleh seseorang dengan sakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kesulitan bernafas, denyut nadi tidak teratur, sakit atau nyeri di bagian dada, masalah penglihatan (kabur, dll), rasa tidak nyaman di telinga, darah di air kencing, bingung, dan yang lainnya. Mintalah tolong ke dokter terdekat jika rasa sakit di atas sudah tidak tertahankan.

Sebab bisa jadi itu merupakan gejala penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang cukup serius.

Salam sehat dan fit


Tags: , , , , , , , , , , ,