Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Penyakit Campak dan Penularannya

Gejala Penyakit Campak dan Penularannya– Dalam bahasa Jawa, Campak disebut juga gabagen. Sementara orang Banjar menyebut campak, kerumut. Begitu banyak sebutan untuk campak di beberapa daerah di Indonesia. Ini menandakan bahwa banyak sekali orang Indonesia yang menderita penyakit kulit satu ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus. Tertularnya seseorang oleh virus campak ini biasanya dialami oleh anak-anak. Setelah 14 hari terkena virus,  gejala dari penyakit ini dapat tampak. Apa sajakah gejala campak?

Ini dia gejala campak dan cara penularan virus yang perlu Anda ketahui

Gejala Penyakit Campak dan Penularannya

Gejala campak

Ciri-ciri dan tanda penyakit campak beraneka macam, berikut beberapa daftarnya;

  1. Diare
  2. Pilek dan ingusan
  3. Batuk kering
  4. Demam
  5. Adanya bintik kecil warna putih dengan putih kebiruan di tengahnya (pada lapisan dalam pipi)
  6. Adanya ruam kulit warna merah rapat, kecil, dan merata (hampir di sekujur tubuh)
  7. Mata merah meradang
  8. Peka terhadap cahaya
  9. Sakit pada tenggorokan

Cara penularan

Seorang penderita campak dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain. Penularan ini terjadi 4 hari sebelum gejala campak terlihat dan 4 hari setelahnya. Dalam waktu 8 hari ini, penderita campak harus menjaga diri dan beristirahat. Selain agar dapat mengurangi gejala campak, juga bisa menghindarkan penularan penyakit ini.

Penularan penyakit ini sangat mudah. Yakni penderita campak yang bersin, batuk, dan menular lewat saluran pernafasan kepada orang lainnya. Cairan batuk yang tersentuh, tetesan bersin, dan yang lainnya merupakan subyek yang dapat membawa virus campak yang lebih dikenal dengan measles virus. Maka dari itu, menjaga kebersihan menjadi salah satu yang utama agar terhindar dai penularan penyakit ini.

Baca Juga: Gejala Penyakit Cacar Air dan Penularannya

Sekali seumur hidup

Ada satu hal yang unik mengenai penyakit campak ini, yakni campak hanya datang sekali dalam seumur hidup. Maksudnya, ketika seseorang pernah mengalami campak dan sembuh. Maka dia sudah kebal dengan infeksi virus serupa sehingga tidak bisa terjangkit campak lagi.

Agar terhindar dari gejala penyakit campak, sudah seharusnya kita menjaga kebersihan dan melakoni pola hidup sehat.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , , , , ,