Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Penyakit Cacingan dan Penyebabnya

Penyakit cacingan yang kerap sekali terjadi pada anak-anak. Pola hidup yang kotor membuat telur-telur cacing masuk ke dalam perut dan menyebabkan anak mengalami penyakit cacingan. Bagi orang tua yang memperhatikan benar anaknya, biasanya mengobati cacingan dalam jangka waktu enam bulan sekali. Obat ini biasanya digunakan untuk membantu anak terhindar dari cacingan atau menyembuhkan penyakit cacingan ini.

Pola bermain anak yang tidak terkontrol bisa membuat anak mengalami penyakit cacingan. Sehingga orang tua perlu memperhatikan gejala penyakit cacingan dan penyebabnya agar lebih bisa mengontrol anak lebih baik lagi. Sehatfit.com bisa membantu Anda mengetahui apa saja penyebab dan gejala penyakit cacingan tersebut.

BEBERAPA GEJALA PENYAKIT CACINGAN DAN PENYEBABNYA YANG DIKETAHUI

Gejala Penyakit Cacingan dan Penyebabnya

Wajah Pucat, Lesu, Dan Lemas

Wajah anak yang semakin ke sini semakin pucat, lesu, dan lemah merupakan gejala penyakit cacingan yang paling awal. Terkadang ibu masih menganggap gejala ini masih biasa saja dan masih belum mengetahui bahwa itu merupakan gejala cacingan.

Sebenarnya keadaan yang seperti ini merupakan keadaan mulai terjadi anemia atau kurang darah. Ini disebabkan karena cacing-cacing yang sudah berada di dalam tubuh mulai berkembang biak dan memerlukan nutrisi. Untuk mendapatkan nutrisi setelah berada di dalam tubuh manusia yaitu dengan menghisap darah, sehingga penderita mengalami anemia.

Nyeri Pada Bagian Perut

Gejala penyakit cacingan akan semakin membuat penderita lemah, karena lambat laun cacing tersebut akan menyerap sari-sari makanan. Cacing yang berkembang biak di saluran pencernaan akan menyerap sari makanan, sehingga penderita semakin tidak mendapatkan nutrisi.

Jika sudah terjadi demikian perut penderita semakin terasa nyeri akibat perkembangbiakan cacing yang berada di saluran pencernaan. Selain itu, penderita juga akan mengalami diare dan perut menjadi buncit.

Berat Badan Menurun Drastis

Karena nutrisi yang sebenarnya diserap oleh penderita menjadi diserap oleh cacing, sehingga berat badan penderita akan semakin menurun karena tidak mendapatkan nutrisi. Ini merupakan gejala penyakit cacing yang semakin parah hingga membuat penderita mengalami kekurangan nutrisi. Jika sudah demikian, Anda harus segera mungkin melakukan pengobatan untuk mematikan cacing yang ada di tubuh Anda.

Gejala-gejala tersebut dapat terjadi karena adanya penyebabnya. Penyebab penyakit cacing dapat terjadi dari lingkungan sekitar yang kotor. Biasanya untuk anak-anak karena pola main anak yang bermain di tanah atau bermain mainan yang mengandung telur-telur cacing. Penyebab penyakit cacing bisa terjadi karena:

Kebiasaan Buang Air Besar Di Segala Tempat

Anak terkadang sering buang air besar di sembarang tempat. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab penyakit cacing. Feses merupakan kotoran yang banyak sekali mengandung bakteri, dari bakteri tersebut bisa saja mengandung telur cacing jika berada di luar tubuh. Dengan buang air besar sembarangan bisa jadi telur-telur tersebut masuk kembali ke tubuh anak.

Kebiasaan Tidak Menggunakan Alas Kaki

Sering kali anak bermain dengan tidak menggunakan alas kaki. Hal itu sangat berbahaya. Telur-telur cacing yang berada di tanah bisa saja masuk melalui pori-pori kulit kaki, sehingga telur tersebut bisa saja berkembang biak di dalam tubuh dan menyebabkan anak mengalami penyakit cacing. Sehingga sebagai orang tua hendaknya memperhatikan anaknya untuk tetap menggunakan alas kaki ketika bermain di tanah atau di bawah.

Makan Dengan Menggunakan Tangan Kotor

Sering kali anak juga tidak mau mencuci tangan setelah bermain. Di dalam tangan anak habis bermain memiliki banyak kuman yang menempel. Telur cacing dapat masuk dalam tubuh melalui makanan. Sehingga cucilah tangan sebelum makan untuk menghilangkan telur-telur cacing atau kuman lainnya yang masih menempel di tangan.

Cacing bisa masuk ke dalam tubuh dari sel-sel kulit yang kotor, sehingga pastikan jaga kebersihan, khususnya anak-anak yang masih gemar-gemarnya bermain. Berilah obat secara teratur enam bulan sekali untuk mematikan cacing yang sudah bersarang di perut.


Tags: , , , , , ,