Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Penyakit Cacar Air dan Penularannya

Gejala Penyakit Cacar Air dan PenularannyaCacar air biasanya menyerang anak-anak, namun tidak jarang akan menyerang orang dewasa. Penyakit ini mudah sekali ditularkan, maka dari itu akan sangat baik jika penderita cacar air istirahat dan tidak beraktivitas serta membatasi bertemu dengan orang-orang sekitarnya. Hal ini baik bagi penderita dan orang yang ada di sekitarnya. Keberadaan cacar air sendiri pada dasarnya sangat mengganggu. Tidak hanya aktivitas, rasa sakit yang diakibatkan oleh gejala penyakit ini juga membatasi kerja dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Apa saja gejalanya dan bagaimana penularannya?

Ini dia gejala penyakit cacar air dan cara penularannya yang sangat mudah

Gejala Penyakit Cacar Air dan Penularannya

Gejala cacar air

Gejala cacar air pada orang dewasa dan anak-anak umumnya sama, yakni meliputi;

  1. Demam
  2. Nafsu makan yang berkurang
  3. Batuk kering
  4. Sakit kepala dan pusing
  5. Adanya bintil kemerahan yang berisi cairan (seperti embun/bening)
  6. Gatal pada kulit

Selain gejala di atas, pada tahap lanjut, cacar air bisa menyebabkan rasa nyeri di sendi yang mengakibatkan kesulitan beraktivitas. Penyakit ini mudah sekali ditularkan, baik itu melalui kontak dengan penderita atau karena daya tahan tubuh yang tidak baik. Selengkapnya akan dibahas dalam poin selanjutnya.

Cara penularan

Gejala penyakit cacar di atas sangat mungkin dialami oleh seseorang yang terkena cacar air. Proses penularan penyakit ini sangat mudah, di antaranya;

  1. Penularan terjadi 24 jam sebelum gejala penyakit muncul
  2. Virus menular melalui kontak cairan dengan penderita, bisa melalui percikan air liur atau kontak dengan cairan yang keluar dari bintik kemerahan penderita
  3. Tertular dari benda yang telah terkontaminasi virus
  4. Inkubasi penyakit selama 10 hingga 21 hari

Baca Juga: 3 Penyebab Jerawat yang Sering Terjadi

Virus yang terjangkit oleh seseorang yang mengalami sakit cacar air adalah virus Varicella zoster. Sistem kekebalan tubuh atau daya imun yang lemah menjadi salah satu sebab mudahnya seseorang mengalami dan tertular penyakit ini. Selain itu, hidup tidak bersih dan tidak sehat juga disinyalir menjadi penyebab penyakit ini. Pola hidup tak sehat juga ikut menyumbang potensi seseorang terkena penyakit ini.

Bagaimana cara pencegahannya? Sudah cukup jelas dari paparan tersebut bahwa pencegahan cacar air dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, menjaga kontak langsung dengan penderita, hidup sehat dan menjaga daya imun tubuh. Pada anak, penggunaan vaksin cacar air bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala penyakit cacar air ini semakin menyebar.

Salam sehat – sehatfit.com


Tags: , , , , , , , ,