Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Penyakit Arthritis Gout Dan Penyebabnya

Sehatfit.com menyediakan berbagai macam informasi mengenai kesehatan, salah satunya adalah informasi mengenai penyakit arthritis gout yang merupakan proses inflamasi karena adanya deposisi kristal di jaringan sendi. Gout merupakan istilah yang digunakan untuk menamai sekelompok gangguan yang terjadi pada sistem metabolisme dan ditandai oleh meningkatnya konsentrasi pada asam urat. Penyakit gout ini dapat memiliki sifat primer ataupun sekunder yang keduanya memiliki perbedaan. Penyakit gout disinyalir disebabkan oleh beberapa faktor termasuk faktor berat badan, diet, ataupun gaya hidup seseorang.

Perbedaan Gout Primer Dan Sekunder Serta Gejala Penyakit Arthritis Gout Dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Arthritis Gout Dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Arthritis Gout Yang Dialami Secara Umum

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang biasanya dialami oleh para lansia dan bagian yang terserang penyakit ini adalah sendi-sendi yang meradang. Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami penyakit arthritis gout, maka ada beberapa gejala yang dapat dikenali sebagai tanda awal munculnya penyakit ini, diantaranya adalah :

  • Onset cepat atau secara tiba-tiba mengalami nyeri sendi apabila salah satu sendi terkena serangan. Rasa nyeri sendi tersebut disertai rasa hangat, bengkak, warna yang memerah, dan tentunya rasa nyeri.

Selain itu, sendi yang kecil dan berada pada pangkal jempol kaki merupakan salah satu tempat yang paling sering diserang oleh penyakit arthritis gout. Sendi lainnya adalah sendi pada pergelangan kaki, tangan, dan lutut. Selain itu, sendi pada jari-jari dan siku pun dapat mengalami gejala penyakit gout. Pada sebagian kasus gout, rasa nyeri yang mendadak dapat sangat kuat bahkan dapat membuat sakit yang sangat parah. Biasanya rasa sakit yang mendadak tersebut dapat mereda pada waktu beberapa jam atau bahkan hari.

Penyebab Penyakit Arthritis Gout Pada Lansia

Penyakit arthritis gout dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :

  • Faktor genetik atau keturunan yang memiliki riwayat penyakit gout dalam susunan atau silsilah keluarga.
  • Penyebab yang kedua adalah dengan adanya peningkatan kadar asam urat yang merupakan akibat dari diet yang sangat tinggi terhadap protein dan diet tinggi dari makanan yang mengandung senyawa purin dalam jumlah banyak. Purin merupakan senyawa yang diubah menjadi zat asam urat di dalam tubuh.
  • Penyebab gout yang ketiga adalah dengan mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan karena alkohol adalah sumber purin dan dapat menghambat sistem pembuangan urin melewati ginjal. Hambatan membuang urin melewati ginjal dapat disebabkan oleh adanya penyakit tertentu terutama penyakit yang berkaitan dengan gangguan ginjal.
  • Selain itu, penggunaan obat pun dapat menyebabkan meningkatnya asam urat.
  • Kemudian penggunaan antibiotik dalam jumlah yang berlebihan pun dapat menyebabkan berkembangnya jamur, virus, dan bakteri sehingga menyebabkan penyakit gout.

Cara Mencegah Penyakit Arthritis Gout Agar Tidak Mengalami Gejalanya

Sebagai orang yang sudah berusia tua, maka hidup sehat merupakan cara yang paling baik untuk menghindari segala macam kemungkinan terserang penyakit. Selain orang yang sudah masuk dalam usia lanjut, kita pun harus selalu menjalani gaya hidup yang sehat sejak dini. Untuk mencegah dan terhindar dari terserangnya penyakit arthritis gout, maka menjaga asupan cairan tubuh dalam jumlah cukup merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan sebagai pencegahan. Langkah ini juga bisa mengurangi risiko batu ginjal.

Kemudian sebagai bagian dari pencegahan agar terhindar dari penyakit gout, mengurangi konsumsi alkohol merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit gout. Pencegahan penyakit gout yang terakhir adalah dengan menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung zat kimia.


Tags: , , ,