Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Keputihan dan Tanda serta Ciri Bahaya

Gejala keputihan merupakan sebuah informasi yang wajib diketahui oleh setiap wanita. Karena setiap wanita bisa jadi melalui tahapan ini dalam masanya. Namun, apakah keputihan yang dialami perempuan tersebut membahayakan atau tidak itu tergantung pada beberapa hal. Ini merupakan masalah lain yang tidak boleh luput dari perhatian perempuan. Nah, bagaimanakah keputihan normal dan berbahaya? Apa saja perbedaannya? Kami akan mengulasnya singkat dalam artikel ini.

Ini dia gejala keputihan dan tanda serta ciri bahayanya yang mudah dikenali

Gejala Keputihan dan Tanda serta Ciri Bahaya

Keputihan normal/keputihan fisiologis

Tanda keputihan normal sangat mudah dikenali, di antaranya;

Cairan yang dikeluarkan putih dan encer, cairan yang keluar berwarna kuning atau krem, tidak gatal, cairan yang keluar tidak terlalu banyak dan tidak berbau.

Ciri-ciri keputihan normal ini tentu jelas berbeda dengan keputihan yang menandakan penyakit tertentu. Biasanya, keputihan jenis ini diakibatkan oleh kondisi fisiologis seperti stres. Bisa juga diakibatkan oleh masa menstruasi yang hampir datang atau baru saja selesai. Di samping itu, wanita yang masuk masa subur juga akan mengeluarkan lendir mirip keputihan ini.

Baca Juga: Cek 8 Gejala Asma Di sini, Sesak Nafas Belum Tentu Asma

Keputihan patologis

Jenis kedua yang juga harus dipahami perempuan adalah keputihan patologis. Pada gejala keputihan patologis ditemukan beberapa perbedaan dengan keputihan sebelumnya. Keputihan akan menyebabkan gatal, bau yang tidak sedap di area sensitif, kental, warna cairan keputihan menyerupai warna susu, kuning, dan bahkan hijau, jumlah cairan keputihan sangat banyak, adanya bercak pada celana dalam jika dibiarkan.

Keputihan jenis ini diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya;

Infeksi pada vagina, infeksi dari protozoa, dan yang lainnya.

Semua penyebab ini jika dibiarkan selain akan mengakibatkan keputihan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Di antaranya adalah radang panggul, kanker serviks, bayi lahir prematur pada ibu hamil, atau bahkan kematian pada bayi.

Terang saja, semua perempuan harus mengobati dan mencegah terjadinya keputihan agar semua hal yang berhubungan dengannya dapat dihindarkan juga. Bagaimana dengan Anda?

Setelah mengetahui gejala keputihan di atas, Anda jauh lebih tahu bukan? Dan sekarang saatnya tindakan pencegahan agar dapat hidup lebih sehat.

Salam sehat – sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , ,