Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Demam Chikungunya dan Penyebab Penyakitnya

Demam chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus. Nyamuk ini merupakan hewan perantara yang membawa virus chikungunya didalam tubuhnya tanpa terjangkit. Penyebab dan juga gejala yang disebabkan penyakit chikungunya tersebut biasanya sering dibuat bingung dengan gejala dan penyebab penyakit demam berdarah dengue. Kenapa demikian?

Gejala dan Penyebab Demam Chikungunya

Gejala Demam Chikungunya dan Penyebab Penyakitnya

Penyebab penyakit chikungunya adalah virus Alphavirus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Gejala penyakit demam chikungunya :

  • Penderita akan merasakan demam yang disertai linu di persendian.
  • Timbulnya rasa pegal – pegal dan juga ngilu serta rasa sakit pada tulang.
  • Biasa disebut sebagai demam tulang atau flu tulang.
  • Secara tiba – tiba akan mengalami demam tinggi selama 5 hari.
  • Muncul bercak – bercak merah atau ruam pada kulit.
  • Tanda bercak merah itu biasanya akan timbul di badan dan tangan.
  • Penderita akan merasakan muntah, sakit perut, dan sakit kepala.

3 Cara Mengobati Secara Alami Gejala Demam Chikungunya dan Penyebab Penyakitnya

Chikungunya adalah penyakit yang utamanya menyebabkan demam, nyeri sendi (arthritis), dan ruam kulit. Istilah penyakit “Chikungunya” tersebut berasal dari bahasa Kimakonde yang berarti “berubah bentuk” akibat perubahan tampilan tubuh mereka yang terinfeksi penyakit ini. Penyakit ini menunjukkan gejala yang mirip seperti demam dengue. Namun pada DBD tidak mengalami pendarahan yang berlebihan atau biasa disebut shock dan rasa nyeri yang berlangsung secara terus menerus pada sendi. Berikut 3 cara mengobati demam chikungunya.

Meminum Air Rebusan Sambiloto

Kita bisa mempercepat penyembuhan dan menekan pertubuhan virus dengan meminum air rebusan sambiloto sebagai antibiotik untuk tubuh yang terinfeksi virus chikungunya tersebut. Rasa dari ramuan ini memang pahit, namun air rebusan ini merupakan antibiotik alami yang bisa menghilangkan virus tersebut dari tubuh penderita. Air rebusan ini bisa diminum seminggu sekali hingga tubuh terasa lebih baik.

Meminum Air Kelapa

Selain air rebusan sambiloto yang terasa pahit, ternyata masih ada ramuan tradisional yang terasa lebih segar, manis dan enak untuk diminum yaitu air kelapa. Dua dokter di India mengklaim bahwa air kelapa mampu menekan virus penyebab penyakit chikungunya dengan cepat. Air kelapa dapat diminum setiap hari untuk kesehatan tubuh anda.

Meminum Teh Echinacea

Bunga warna ungu ini bisa digunakan untuk membuat teh kesehatan yang lezat. Tanaman ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan akan mengeluarkan patogen dari tubuh anda. Caranya adalah dengan mencampurkan satu bagian bunga Echinacea kering dengan seperempat bagian peppermint kering dan didihkan dengan air. Minum teh ini setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Teh ini bisa mengurangi ruam pada kulit dan demam tinggi.

Selain dengan 3 cara di atas anda juga dapat mencegahnya dengan menjaga kebersihan lingkungan. Untuk mencegah anda dan keluarga anda dari penyakit yang di bawa oleh nyamuk Aedes Aegypti adalah dengan menghindar dari kontak langsung dengan nyamuk pembawa virus tersebut. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, kamar mandi dan tempat penampungan air. Karena tempat tersebut merupakan tempat penampungan yang paling disukai nyamuk untuk membuat sarang berkembang biak. Selain itu, anda dan keluarga anda bisa melindungi tubuh anda dengan gigitan nyamuk menggunakan lotion anti nyamuk.


Tags: , , , , , ,