Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Gejala Asam Urat, Nyeri Sendi Bisa Jadi Tanda Penyakit Asam Urat

Gejala asam urat bisa sangat bervariasi dan berjumlah banyak, akan tetapi yang banyak dirasakan oleh penderita asam urat adalah rasa nyeri yang sangat menyiksa di bagian sendi. Rasa sakit ini bahkan terkadang membuat penderitanya tidak dapat beraktivitas, sebagian harus bolos kerja karena tidak bisa berjalan karena asam urat. Ternyata, sekalian rasa sakit pada daerah sendi masih ada gejala lain yang bisa Anda rasakan saat terserang penyakit yang satu ini. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini;

Gejala Asam Urat 11-1

Inilah 5 gejala asam urat yang perlu Anda kenali

Pertama, pembengkakan pada sendi

Pembengkakan yang terjadi pada sendi bisa jadi merupakan gejala dari asam urat yang tak hanya bisa Anda rasakan sakitnya tetapi bisa Anda lihat pembengkakannya dari luar. Pembengkakan yang diakibatkan oleh asam urat ini bisa menjalar di bagian lain, tidak hanya di sendi saja.

Kedua, hangat

Selain bengkak, seorang yang terkena penyakit asam urat juga bisa merasakan permukaan kulitnya hangat, utamanya yang terkena sakit asam urat dan terasa nyeri atau pada daerah yang mengalami pembengkakan. Selain bengkak dan hangat, rasa nyeri karena asam urat juga sangat khas, yakni bisa terjadi saat malam hari. Rasa sakit ini bisa dengan cepat bertambah, tetapi juga bisa lambat, membutuhkan waktu berjam-jam (sedikit demi sedikit). Yang jelas, rasa nyeri akibat asam urat akan bertambah dan menyiksa.

gejala asam urat 11

Ketiga, kulit yang memerah

Selain terjadi pembengkakan dan hangat di sekitar permukaan kulit yang terkena asam urat, gejala penyakit asam urat lainnya adalah berubahnya warna kulit menjadi merah keunguan pada kulit yang sendinya sakit. Bersama dengan warna ini, Anda mungkin akan melihat permukaan kulit seperti terinfeksi.

Keempat, gerak yang terbatas

Sendi yang sakit membuat Anda tidak bisa bergerak bebas, jika asam urat menyerang kaki kanan, maka Anda harus rela berjalan dengan menggunakan satu kaki saja, yakni kaki kiri. Jika pun Anda bisa menggunakan kaki kanan untuk berjalan, maka rasa sakit yang dirasakan teramat sangat, karena setiap kali ditekan, rasa sakit ini akan bertambah.

Kelima, gatal-gatal pada kulit

Persendian yang terkena asam urat akan memang terasa sangat sakit, tetapi ini akan diperparah dengan rasa gatal pada permukaan kulit yang mendorong kesabaran Anda untuk menggaruknya. Sayangnya, Anda tidak bisa menggaruk keras kulit tersebut karena rasa sakitnya bertambah parah setiap kali ditekan.

Meskipun kelihatannya sangat mudah mengenali gejala asam urat, ternyata sangat banyak penyakit yang memiliki gejala yang sama, salah satunya adalah arthritis atau nyeri sendi saja. Asam urat sendiri biasanya terjadi pada daerah sendi kaki, pergelangan kaki, lutut, jari jemari, siku, dan pergelangan tangan. Biasanya, asam urat diawali dengan munculnya nodul pada tangan, siku, atau telinga. Namun demikian, terkadang ini juga tidak dapat ditampakkan.


Tags: , , , , , , , , ,