Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Faktor Penyebab Utama Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Faktor Penyebab Utama Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi – Penyakit tekanan darah tinggi atau yang lebih sering dikenal dengan hipertensi dikenal sebagai salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian mendadak. Gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bahkan dapat dideteksi ketika tekanan darah sudah abnormal atau sangat tinggi hingga mengancam jiwa seseorang. Maka dari itu, mengenali penyebabnya bisa menjadi satu cara untuk mencegah penyakit hipertensi ini. Kami akan memberikan pemaparan tentang penyebab dan faktor risiko utama penyebab hipertensi. Silakan simak ulasannya dalam artikel ini.

Ini dia faktor penyebab utama hipertensi atau tekanan darah tinggi yang umum

Faktor Penyebab Utama Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Jenis kelamin

Hipertensi lebih banyak dialami pria dari pada wanita. Maka dari itu, kaum pria harus selalu waspada. Namun, bukan berarti kaum wanita bebas dari penyakit ini. Para perempuan pun tetap kudu waspada dengan penyakit satu ini.

Usia

Usia berbanding lurus dengan besar risiko terkena penyakit ini. Maksudnya, semakin tua atau bertambah usia seseorang maka semakin besar pula risiko terkena penyakit ini.

Genetik

Faktor genetik juga menyumbang faktor risiko terkena penyakit ini. Jika anggota keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi ini, akan sangat baik jika Anda lebih waspada dan melakoni gaya hidup sehat.

Berat badan berlebih

Berat badan berlebih dan obesitas juga menjadi salah satu faktor risiko yang tidak bisa diabaikan. Tidak heran jika banyak sekali orang yang ingin kurus. Karena gemuk memiliki banyak risiko yang harus dihadapi.

Stres

Stres juga menjadi salah satu faktor penyebab utama hipertensi atau tekanan darah tinggi. Stres menjadi masalah yang mungkin sekali mengganggu Anda dan mempengaruhi kehidupan serta kesehatan Anda.

Sensitivitas terhadap garam

Ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan naik tekanan darahnya ketika mengonsumsi sodium atau garam. Maka dari itu, kurangilah konsumsi garam.

Kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan masalah hipertensi. Saat memilih kontrasepsi, usahakan untuk bicara pada ahlinya hingga hal terinci. Agar kesehatan Anda dapat tetap terjaga.

Malas-malasan

Tidak banyak yang menyangka kalau kondisi ini bisa menyebabkan hipertensi. Oleh karena itu, sekarang saatnya Anda berpikir untuk terus bergerak dan menerapkan pola hidup sehat sekaligus berolahraga secara rutin.

Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat bisa meningkatkan risiko seseorang terkena darah tinggi. Pemakaian obat flu dan anti alergi dalam jangka waktu misalnya, meninggikan risiko Anda terkena hipertensi.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol juga bisa jadi penyebab hipertensi. Jadi, hindari konsumsi minuman ini.

Demikian informasi faktor penyebab utama hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bisa kami sampaikan. Salam sehat dan fit


Tags: , , , , , , ,