Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Daftar Menu Makanan Sehat untuk Penderita Hipertensi

Daftar menu makanan sehat untuk penderita hipertensiSeorang penderita hipertensi memiliki gejala yang tidak mudah dipahami. Penyakit ini seperti pembunuh yang baru akan diketahui penyakitnya saat seseorang memiliki tekanan darah yang sangat tinggi dan mengancam jiwa. Maka dari itu, pola hidup sehat menjadi sangat penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang bisa menurunkan kadar tekanan darah sekaligus mencegah meningkatnya tekanan darah pada pemilik tekanan darah tinggi. Nah, kali ini kami akan membahas makanan apa saja yang cocok untuk menurunkan kadar hipertensi. Simak.

Ini dia daftar menu makanan sehat untuk penderita hipertensi yang harus Anda tahu

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Penderita Hipertensi

Kacang-kacangan

Makanan pertama yang dikategorikan sehat untuk para penderita hipertensi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung serat larut, potasium, dan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Anda bisa membuat bubur kacang, menambahkannya dalam sup, dan atau salad untuk mendapatkan manfaatnya ini.

Kuaci

Biji bunga matahari atau yang biasa disebut kuaci merupakan salah satu makanan sehat yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah rendah. Namun, hanya beli kuaci yang masih tawar. Jangan membeli kuaci yang sudah diasinkan. Dalam keadaan murni, kuaci mengandung magnesium dalam jumlah yang sangat tinggi.

Bayam

Sayuran yang bisa Anda membantu Anda menurunkan tekanan darah adalah bayam. Sayuran hijau satu ini mengandung serat tinggi, potasium, folat, dan magnesium. Di saat yang bersamaan, bayam juga merupakan sayuran yang memiliki kadar kalori rendah. Selain berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, bayam juga akan membantu mengendalikan tekanan darah.

Susu rendah lemak

Salah satu minuman yang masuk dalam daftar menu makanan sehat untuk penderita hipertensi dan bisa mengurangi gejala hipertensi adalah susu rendah lemak. Susu ini dapat menyehatkan jantung karena mengandung kalsium dan vitamin D. Dua kandungan ini secara bersama-sama berkolaborasi untuk menurunkan tekanan darah hingga 3 sampai 10 persen. Secara tidak langsung, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 15 %.

Kedelai

Kalium dan magnesium merupakan kandungan yang ada di dalam kedelai. Dua kandungan ini terbilang tinggi dan sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa merebus kedelai dan tidak menyertakan ke dalamnya agar lebih sehat.

Pisang

Buah pisang mengandung kalium yang sangat tinggi. Merupakan buah yang bisa Anda jadikan camilan sehat. Buah ini selain baik untuk penderita hipertensi, ternyata juga baik untuk menurunkan berat badan. Sehingga baik juga untuk penderita obesitas.

Itulah beberapa daftar menu makanan sehat untuk penderita hipertensi yang dapat Anda coba konsumsi.

Salam Sehat – sehatfit.com


Tags: , , , , , , ,