Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Diet DASH

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Diet DASH – Diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension merupakan satu diet yang disarankan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau mengatasi masalah hipertensi. Diet ini dilakukan dengan cara sehat dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi dalam waktu 2 minggu, sesuai data yang tercatat. Namun demikian, pada setiap orang, efek dari diet DASH ini memang berbeda-beda. Anda bisa mencoba melakukannya untuk menurunkan tekanan darah Anda. Bagaimana caranya?

Ini dia cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan diet DASH yang harus Anda tahu

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Diet DASH

Tentang diet DASH

Diet DASH difokuskan pada perubahan gaya hidup dan pola makan. Di mana dalam diet ini, makanan yang disarankan adalah sayur, buah, ikan, gandum, kacang-kacangan, makanan dengan kandungan kalsium, kalium, dan magnesium, kemudian susu rendah lemak. Soal porsi, pada setiap penderita hipertensi, porsinya bisa disesuaikan dan bervariasi pada masing-masing orang.

Mengurangi asupan garam

Hal pertama yang wajib dilakukan dalam diet DASH adalah mengurangi asupan garam. Bumbu dapur satu ini menjadi salah satu bumbu yang harus dihindari. Namun demikian, Anda bisa memulainya dengan cara yang lebih mudah, yakni mengurangi garam perlahan-lahan. Di hari pertama, Anda bisa mengonsumsi 1 sendok teh garam saja. Ini mencakup pemakaian seluruh garam, termasuk apa yang Anda konsumsi dalam makanan atau masuk sebagai bumbu masakan. Kemudian, Anda bisa menguranginya sedikit demi sedikit.

Baca Juga: Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tips menjalani diet DASH

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan diet DASH ini bisa dilakukan dengan banyak cara agar tidak terkesan menyiksa. Di antara tips yang bisa Anda lakukan adalah;

  1. Makan sayur lebih banyak saat makan siang
  2. Makan sayur lebih banyak saat makan malam
  3. Makan buah sebagai camilan maupun makanan sehari-hari
  4. Memperbanyak konsumsi kacang-kacangan kering
  5. Membatasi makan daging hingga 6 ons dalam satu hari
  6. Gunakan bumbu rendah lemak
  7. Pakai setengah porsi margarin atau mentega
  8. Memperhatikan kandungan makanan yang Anda konsumsi apalagi makanan kemasan
  9. Perhatikan label makanan secara lebih detail dan teliti
  10. Pilihlah makanan yang kadar garamnya rendah
  11. Camilan Anda adalah yoghurt rendah lemak, popcorn tanpa mentega, potongan buah, atau kacang-kacangan

Selain cara di atas, Anda bisa membuat variasi sendiri dalam cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan diet DASH. Yang pasti, diet ini bertujuan untuk melakukan gaya hidup sehat dengan pola makan yang tepat sesuai dengan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh penderita hipertensi. Konsultasikan dengan dokter yang merawat Anda untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Salam sehat

Sehatfit.com


Tags: , , , , , ,