Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Ini Dia Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Cara Mengobati Keputihan – Keputihan pada dasarnya bukanlah sebuah penyakit, namun merupakan tanda-tanda dari tubuh bahwa ada yang tidak beres yang terjadi di dalam organ kewanitaan. Keputihan merupakan cairan yang terbentuk dari sel-sel yang mati pada bagian organ kewanitaan dan keluar dari alat reproduksi wanita dengan membawa bakteri.

Tata cara mengobati keputihan dan penyebabnya

cara mengobati keputihan

Sebenarnya keputihan merupakan sebuah gejala yang normal pada wanita yang telah dewasa dan hal ini tidak perlu diobati. Adapun jumlah, warna, dan bau sangat tergantung pada beberapa kondisi dari wanita tersebut. Misalnya saja cairan keputihan yang keluar akan lebih banyak ketika sedang terangsang, pada masa ovulasi, dan ketika menyusui.

Penyebab keputihan

Salah satu penyebab keputihan adalah jamur kandidiasis, yaitu jamur yang sering menginfeksi alat reproduksi wanita dan menyebabkan rasa gatal serta mengakibatkan keluarnya cairan yang beraroma tidak sedap. Pada dasarnya jenis jamur ini terdapat pada semua tubuh manusia, namun jumlahnya harus terkendali sehingga tidak mengakibatkan infeksi. Selain menginfeksi organ intim wanita, jamur ini juga sering menginfeksi mulut, tenggorokan, kulit, serta darah.

Baca juga Penyebab Keputihan pada Wanita, Lelaki Perempuan Wajib Tahu.

Cara mengobati keputihan

Umumnya, seseorang yang mengalami keputihan merasa malu atau canggung untuk berkonsultasi dengan dokter.  Padahal jika keputihan yang dialami oleh wanita tingkat infeksinya sudah semakin parah, biasanya akan menyebabkan rasa gatal yang luar biasa disertai dengan nyeri. Nah, bagi Anda yang merasa malu untuk berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa mengobati penyakit keputihan yang Anda alami menggunakan bahan-bahan herbal berikut ini.

Pertama, bawang putih

Selain bisa digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga ternyata ampuh untuk mengobati penyakit keputihan yang diakibatkan oleh infeksi jamur, karena bawang putih sendiri memiliki kandungan anti jamur. Makanan-makanan yang menggunakan bawah putih dalam bumbunya, sangat bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur pada tubuh. Namun bagi yang menderita keputihan, Anda harus menumbuk bawang putih sampai halus dan mengoleskannya langsung pada bagian yang terinfeksi.

Kedua, daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu obat herbal alami yang dipercaya dapat mengobati keputihan. Cara menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan adalah dengan merendam beberapa lembar daun sirih ke dalam air selama satu sampai dua jam. Lalu rendaman tersebut digunakan untuk membersihkan organ intim kewanitaan yang terinfeksi oleh jamur.

Selain itu, daun sirih juga saat ini banyak dijadikan bahan-bahan pembersih organ kewanitaan dalam bentuk sabun. Jika anda ingin menggunakannya, pilihlah jenis sabun yang memiliki kadar asam yang tidak terlalu tinggi agar ekosistem bakteri di dalam organ intim tidak menjadi rusak.

Nah, itulah ulasan singkat kita mengenai cara mengobati keputihan. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat dan membuat kita semua terinspirasi sehingga lebih hati-hati serta mau menjaga kebersihan dan kesehatan.


Tags: , , , ,