Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




4 Cara Mengobati Kencing Manis dan 9 Anjuran Makanannya

Cara mengobati kencing manis dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, penyakit kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi apabila tidak segera ditangani.

Ini tata cara mengobati kencing manis dan anjuran makanannya

cara mengobati kencing manis dan anjuran makanannya

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas apa penyebab dan gejala penyakit kencing manis, maka dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mengobati kencing manis dan anjuran makanannya baik itu yang cocok atau boleh dikonsumsi maupun yang harus dihindari oleh para penderitanya.

Cara mengobati penyakit kencing manis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit kencing manis atau penyakit diabetes. Seperti apa caranya, berikut ulasannya.

Melakukan suntik insulin

Suntik Insulin merupakan salah satu cara untuk mengobati penyakit kencing manis yang hanya boleh dilakukan oleh dokter yang benar-benar berpengalaman. Suntik insulin bertujuan untuk memberikan suplai insulin karena pankreas tidak dapat memproduksinya secara alami. Suntik insulin biasanya diberikan pada penderita kencing manis tipe 1, karena pada tipe ini pankreas tidak dapat memproduksi insulin secara alami. Hal ini akan sangat berbahaya karena akan terdapat banyak glukosa pada tubuh, namun insulin pada tubuh tidak ada.

Hanya memilih makanan sehat untuk dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan badan, begitu juga dengan penyakit kencing manis. Seseorang yang mengalami keluhan penyakit kencing manis dituntut untuk dapat menghindari makanan-makanan yang dapat memperparah penyakit tersebut. Beberapa jenis makanan yang bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah yaitu nasi putih, pemanis buatan, es krim, minuman bersoda, dll.

Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan berolahraga sistem metabolisme di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Apabila Anda terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk berolah raga berat, setidaknya lakukanlah peregangan dan olahraga ringan pada pagi hari. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Mengobati kencing manis menggunakan bahan herbal

Saat ini banyak orang yang beralih dari pengobatan konvensional ke pengobatan alternatif menggunakan bahan-bahan herbal. Banyak sekali bahan-bahan herbal yang terbukti efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kencing manis. Selain itu, pengobatan-pengobatan menggunakan bahan herbal tidak menimbulkan efek-efek negatif di kemudian hari, sehingga lebih aman untuk digunakan. Beberapa jenis bahan herbal yang dipercaya dapat mengobati penyakit kencing manis yaitu pare, brotowali, ginseng, buah pohon mahoni, dll.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita kencing manis

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang sehatfit.com anjurkan untuk penderita  kencing manis.

  1. Apel
  2. Aprikot
  3. Pir
  4. Buah Labu
  5. Oat
  6. Roti Gandum
  7. Ubi
  8. Beras merah
  9. Sayur-sayuran

Baca juga 3 Jenis minuman sehat untuk penderita diabetes.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat mengenai cara mengobati kencing manis dan anjuran makanannya. Menjaga pola makan sehat dan menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk mencegah dan mengobati diabetes atau kencing manis. Untuk itu, mari kita menerapkan pola hidup sehat bersama.


Tags: , , , , , ,