Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Tata Cara Mengobati Kencing Batu dan Anjuran Makanannya

Tata cara mengobati kencing batu dan anjuran makanannya ­– Pada artikel sebelumnya kita telah membahas penyebab dan gejala penyakit kencing batu. Maka, pada kesempatan ini kita akan membahas cara mengobatinya, serta makanan apa saja yang dianjurkan bagi penderitanya. Yuk simak beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kencing batu di bawah ini!

Ini dia 6 cara mengobati kencing batu dan anjuran makanannya yang alami dan mudah didapat

Cara mengobati kencing batu dan anjuran makanannya

Mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak merupakan langkah pertama untuk mengobati penyakit kencing batu. Dua liter air setiap hari merupakan jumlah yang disarankan baik untuk mengobati penyakit kencing batu maupun sebagai upaya pencegahannya. Air yang dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat melarutkan racun dalam tubuh, memperlancar metabolisme tubuh dan membawa batu ginjal keluar dari dalam tubuh.

Rutin mengonsumsi semangka

Buah semangka memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Maka dari itu, seseorang yang menderita batu ginjal sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Selain semangka, melon juga bisa menjadi buah alternatif selain semangka.

Minyak zaitun & jus lemon

Campuran minyak zaitun dengan jus lemon dalam takaran yang sama dan diminum secara teratur dipercaya dapat mengurangi keluhan batu ginjal. Ramuan ini juga telah digunakan di berbagai belahan dunia dan terbukti dapat mengurangi keluhan batu ginjal atau kencing batu dalam waktu dua puluh empat jam.

Olahraga teratur

Cara mengobati kencing batu dan anjuran makanannya secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit termasuk kencing batu. Seseorang yang terkena penyakit kencing batu sangat disarankan untuk rutin berolahraga, karena dengan berolahraga, kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit akan meningkat.

Mengurangi asupan oksalat

Pada dasarnya oksalat merupakan senyawa yang berguna bagi tubuh, namun akan berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Hal ini karena oksalat dapat memicu terbentuknya kencing batu pada Ginjal. Oksalat sendiri banyak terkandung dalam sayuran hijau terutama bayam. Selain bayam, oksalat juga banyak terdapat pada kacang-kacangan, cokelat, blueberry dan buat bit.

Memperbanyak konsumsi herbal

Pada dasarnya, kencing batu dapat diobati dengan pengaturan makanan yang sehat diiringi dengan olah raga yang cukup. Beberapa jenis makanan pantangan tidak harus benar-benar dihindari, cukup dengan mengurangi jumlah serta frekuensi asupannya. Namun jangan lupa, Anda juga harus meluangkan waktu setiap hari untuk berolah raga, minimal 30 menit dalam sehari.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai cara mengobati kencing batu dan anjuran makanannya. Semoga ulasan di atas bisa memberikan sedikit gambaran dan inspirasi untuk Anda. Serta bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan dan semakin semangat untuk menerapkan pola hidup yang sehat.


Tags: , , , , , , , , , ,