Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Kembung dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati kembung dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, perut kembung merupakan suatu kondisi di mana perut terasa kencang dan terasa penuh. Kondisi seperti ini juga membuat perut seseorang nampak membesar jika dilihat dari segi ukurannya.

Berikut adalah tata cara mengobati kembung dan anjuran makanannya

Cara mengobati kembung dan anjuran makanannya

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas apa penyebab dan gejala penyakit kembung. Nah, bagi Anda yang belum sempat membaca apa penyebab perut kembung, Anda bisa membacanya terlebih dahulu pada artikel sebelumnya, dan bagi Anda yang sudah pernah membacanya kita akan melanjutkan pembahasan kita dengan tema tata cara mengobati kembung dan anjuran makanannya.

Cara mengobati perut kembung

Sebelum kita mengobati perut kembung, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Apabila perut kembung diakibatkan oleh beberapa jenis makanan yang dikonsumsi secara berlebihan, maka untuk sementara Anda harus menghindari makanan-makanan tersebut, dan apabila perut kembung tersebut diakibatkan oleh beberapa jenis penyakit, untuk mengobatinya tidak cukup hanya dengan menghindari makanan-makanan tersebut, namun diperlukan penanganan yang lebih serius.

Namun pada dasarnya, penyakit perut kembung bisa juga dapat diobati dengan beberapa jenis obat yang mengandung simetikon, yaitu jenis obat yang dapat bekerja untuk melarutkan gelembung-gelembung gas dalam perut, sehingga efektif untuk mengurangi perut yang kembung. Simetikon juga biasanya terdapat pada beberapa jenis obat mag.

Kapan kita harus ke dokter?

Pada beberapa kasus, perut kembung juga merupakan sebuah tanda bahwa tubuh terserang penyakit. Namun demikian, kasus seperti ini jarang terjadi.

Selain menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, perut kembung juga menyebabkan seseorang menjadi sering buang angin. Apabila kondisi tersebut semakin memburuk dan diiringi dengan muntah, diare, terdapat darah dalam tinja dan terjadi penurunan berat badan, maka sebaiknya Anda harus segera menghubungi dokter agar dokter dapat memberikan penanganan yang tepat.

Makanan yang dianjurkan

Pada umumnya tidak ada makanan khusus untuk mengobati perut kembung. Seseorang yang mengalami perut kembung yang diakibatkan oleh beberapa jenis makanan yang dikonsumsi, maka penanganan masalah ini adalah dengan menghindari makanan penyebab perut kembung tersebut. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak gas dan bisa menyebabkan perut kembung dapat Anda lihat pada ulasan sebelumnya tentang penyebab dan gejala penyakit kembung.

Perut kembung memang merupakan sebuah penyakit yang tidak terlalu berbahaya, namun demikian, penyakit ini juga terkadang membuat kita tidak nyaman dan sering merasa malu karena umumnya seseorang yang mengalami perut kembung akan sering kentut dan aromanya sangat tidak sedap.

Nah, itulah ulasan kita mengenai cara mengobati kembung dan anjuran makanannya. Semoga ulasan singkat di atas bisa bermanfaat. Sebagai tips tambahan, hindarilah makanan dan minuman yang banyak mengandung gas, khususnya minum-minuman bersoda.


Tags: , , ,