Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara mengobati kanker paru-paru dan anjuran makanannya

Cara mengobati kanker paru-paru dan anjuran makanannya – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas penyebab dan gejala penyakit kanker paru-paru. Nah, pada kesempatan ini kita akan melanjutkan pembahasan tersebut dengan tema cara mengobati penyakit kanker paru-paru dan makanan sehat yang dianjurkan bagi penderitanya.

Tata cara mengobati penyakit kanker paru-paru dan anjuran makanannya

Cara Mengobati Kanker Paru-Paru Dan Anjuran Makanannya

Pengobatan untuk penyakit kanker paru-paru ditentukan oleh jenis kanker yang diderita, tingkat kondisi dari kanker tersebut, dan kondisi kesehatan penderitanya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka penanganan pada penderita penyakit kanker paru-paru bisa lebih tepat.

Apabila terdapat satu atau lebih lobus di paru-paru yang terdapat sel kanker, biasanya para dokter akan melakukan pengangkatan lobus (lobektomi), hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran sel kanker pada lobus-lobus yang masih sehat.

Bentuk pembedahan lainnya adalah Pneumonectomi, yaitu operasi pengangkatan seluruh bagian paru-paru kiri atau kanan. Namun apabila si pasien menderita penyakit jantung, atau posisi kanker terlalu dekat dengan trakea, operasi tersebut tidak bisa dilakukan. Hal ini karena risiko pendarahan, terjadi komplikasi, dan kemungkinan kanker tersebut tumbuh kembali di kemudian hari tetap tinggi.

Pada pasien yang menderita kanker stadium lanjut, dokter biasanya hanya memberikan jenis obat-obatan yang menuju ke target. Obat-obatan tersebut berfungsi untuk menghambat penyebaran sel kanker, dan memiliki efek samping yang lebih ringan daripada kemoterapi.

Pengobatan penyakit kanker paru-paru dengan bahan herbal

Selain dengan cara medis, ada juga beberapa bahan herbal yang terbukti efektif menyembuhkan penyakit kanker paru-paru. Bahan herbal tersebut yaitu sarang semut papua.

Sarang semut papua memiliki kandungan senyawa flavonoid dan multimineral. Senyawa-senyawa tersebut dapat menggempur sel-sel kanker terutama pada tingkat seluler. Selain itu, senyawa flavonoid pada sarang semut papua bersifat antiangiogenesis yang dapat menghalangi pembentukan pembuluh darah yang abnormal.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita kanker paru-paru

Selanjutnya mari kita bahas mengenai makanan sehat untuk kanker paru-paru dalam pembahasan cara mengobati kanker paru-paru dan anjuran makanannya kali ini. Karena untuk menyembuhkan penyakit paru-paru tidak hanya diperlukan pengobatan medis dan herbal tetapi juga melalui pola makan yang sehat. Yakni dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan-makanan yang tidak sehat. Beberapa makanan yang dianjurkan dan makanan yang harus dihindari adalah sebagai berikut:

  1. Buah-buahan segar terutama jeruk, tomat, avokat, dan buah-buahan lainnya yang kandungan antioksidannya tinggi
  2. Sayur-sayuran segar
  3. Mengonsumsi madu murni
  4. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak, minimal 8 gelas per hari
  5. Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol
  6. Menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet
  7. Menghindari makanan-makanan fast food atau cepat saji
  8. Menghindari makanan yang mengandung pewarna yang membahayakan

Nah, itulah ulasan kita mengenai cara mengobati kanker paru-paru dan anjuran makanannya. Semoga dengan ulasan di atas kita bisa jauh lebih mawas diri dan memperhatikan kondisi kita serta lebih mencintai diri kita dengan menjaga kesehatan.


Tags: , , , , , , , , , ,