Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Kanker Mulut Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati kanker mulut dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kanker mulut atau disebut juga dengan oral cancer merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang tumbuh di sekitar rongga mulut. Umumnya kanker mulut dimulai pada lidah atau pada bagian dasar mulut.

Tata Cara Mengobati Kanker Mulut Dan Anjuran Makanan Sehat

Cara mengobati kanker mulut dan anjuran makanannya

Jika dalam artikel sebelumnya kita banyak membahas penyebab dan gejala penyakit kanker mulut, maka dalam artikel kali ini kita akan banyak membahas tentang bagaimana cara mengobati penyakit kanker mulut, dan apa saja makanan yang dianjurkan bagi penderitanya.

Cara Mengobati Penyakit Kanker Mulut

Untuk melakukan pengobatan penyakit kanker mulut secara medis, ada beberapa prosedur yang harus dijalani. Prosedur pengobatan kanker mulut akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan si pasien serta kondisi kanker itu sendiri. Semakin berat stadium kanker tersebut maka diperlukan penanganan yang lebih mendalam. Namun jika kanker tersebut sudah memasuki stadium akhir, justru penanganan lebih difokuskan pada terapi guna mengurangi efek samping dari penyebaran penyakit kanker yang sudah meluas.

Nah, berikut ini merupakan beberapa prosedur medis untuk mengobati penyakit kanker mulut :

Prosedur Photodynamic Therapy (Pdt)

PDT merupakan salah satu prosedur pengobatan dengan melakukan pembedahan pada bagian mulut yang terjangkit kanker, kemudian sel-sel kanker tersebut akan diberi suntikan senyawa khusus yang membuat sel tersebut menjadi rentan terhadap pancaran cahaya.

Setelah suntikan senyawa tersebut diberikan pada sel kanker, maka langkah selanjutnya adalah memberikan penyinaran secara langsung pada area yang terdapat sel kanker.

Pembedahan pada mulut tujuannya adalah agar sel kanker tidak tertutupi jaringan lain pada saat dilakukan penyinaran. Namun meskipun efek samping dari prosedur pengobatan PDT terbilang minim, prosedur pengobatan ini hanya efektif jika sel kanker tersebut belum menyebar ke area-area lain pada tubuh.

Prosedur Pengangkatan

Prosedur pengangkatan dilakukan apabila sel kanker tersebut sudah membentuk akar atau pembibitan sel. Maka untuk menanggulanginya dilakukan operasi pengangkatan. Biasanya fungsi mulut akan mengalami penurunan setelah dilakukan operasi pengangkatan. Maka tim medis akan merekonstruksi ulang fungsi mulut untuk meminimalisir efek samping dari operasi tersebut.

Cara Mengobati Kanker Mulut Menggunakan Bahan Herbal

Sarang Semut

Sarang semut merupakan umbi dari tanaman epifit, yaitu sebuah tanaman yang hidup pada tanaman induk. Umbi ini memiliki bentuk yang khas seperti rongga dengan labirin di bagian dalamnya. Di alam liar rongga-rongga pada umbi ini biasa dijadikan sebagai sarang semut.

Sarang semut terbukti berkhasiat mengatasi penyakit kanker, karena di dalamnya terkandung flavonoid, tokoferol, poliferol dan tanin. Flavonoid ini berkhasiat sebagai anti karsinogen yang mampu menurunkan kadar toksin dan residu, serta dapat menurunkan kecenderungan mutasi gen.

Anjuran Makanan Sehat

Ada beberapa jenis makanan sehat yang dianjurkan bagi penderita kanker. Beberapa jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Daging tanpa lemak
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kerang
  • Buah-buahan yang kaya vitamin C
  • Kacang kedelai

Nah itulah pembahasan kita mengenai cara mengobati kanker mulut dan anjuran makanannya. Semoga ulasan kita di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Tags: , , , , , , , , , , , ,