Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Kanker Leher Rahim Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati kanker leher dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang menyerang organ leher rahim. Penyakit kanker leher rahim atau disebut juga dengan penyakit kanker serviks merupakan jenis kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik.

Tata Cara Mengobati Kanker Leher Rahim Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati kanker leher rahim dan anjuran makanannya

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang penyebab dan gejala kanker leher rahim, maka pada artikel kali ini kita akan banyak membahas mengenai cara mengobati penyakit kanker leher rahim dan makanan yang dianjurkan bagi penderitanya.

Cara Mengobati Kanker Leher Rahim

Pengobatan terhadap kanker leher rahim ditentukan oleh beberapa faktor, seperti misalnya stadium kanker tersebut, usia pasien, keinginan memiliki keturunan dan kondisi medis dari pasien tersebut. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, dokter bisa melakukan pengobatan terbaik sesuai dengan kehendak pasien tersebut.

Biasanya, kanker leher rahim ditangani oleh tim khusus yang tersendiri dari berbagai spesialis. Tim ini akan saling bantu dalam menentukan pengobatan yang terbaik, akan tetapi, apapun keputusan yang diberikan tim medis, keputusan final tetap berada di tangan pasien itu sendiri.

Metode Penanganan Kanker Leher Rahim

Penanganan pada kanker leher rahim dilakukan dengan dua metode. Metode pengobatan pertama adalah penanganan pada kanker leher rahim stadium awal, yaitu dengan mengangkat sebagian atau seluruh organ rahim, radioterapi atau juga dengan melakukan keduanya.

Metode yang kedua yaitu penanganan kanker leher rahim yang sudah memasuki stadium akhir. Pada stadium akhir pengobatan dilakukan dengan melakukan kemoterapi atau radioterapi. Namun terkadang pengobatan pada kanker leher rahim pada stadium akhir pada beberapa kasus dilakukan juga operasi.

Apabila kanker leher rahim dapat diketahui sejak awal, peluang untuk sembuh total cukup besar. Akan tetapi apabila kanker leher rahim sudah mulai menyebar, maka peluang untuk sembuh total sangat kecil.

Prosedur Pengangkatan Sel-Sel Pra Kanker

Berikut ini adalah merupakan beberapa prosedur pengangkatan sel-sel pra kanker :

  • Bio kerucut : Yaitu pengangkatan pada wilayah jaringan yang tidak normal melalui prosedur operasi
  • Terapi Laser : Terapi laser digunakan untuk membakar sel-sel yang tidak normal
  • Large Loop Excision of Transformation Zone (LLETZ) : LLETZ adalah prosedur pengangkatan sel-sel abnormal dengan cara memotong sel-sel tersebut dengan kawat tipis dan arus listrik.

Makanan Yang Dianjurkan

Berikut merupakan jenis-jenis makanan yang cocok bagi penderita kanker leher rahim :

Makanan yang mengandung vitamin B volat

Vitamin B folat bermanfaat untuk meminimalisir pertumbuhan sel kanker. Jenis makanan yang mengandung Vitamin B Volat adalah brokoli dan kubis.

Makanan yang mengandung vitamin A,C, E serta kalsium

Vitamin A C E berguna sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Makanan yang mengandung vitamin A C E yaitu wortel, hati ayam, telur, daging tuna, tomat, jeruk dll.

Nah itulah ulasan kita mengenai cara mengobati kanker leher rahim dan anjuran makanannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,