Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Kanker Kolon Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati kanker kolon dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kanker kolon (usus besar) merupakan sebuah penyakit kanker yang menyerang bagian usus besar, letaknya berada di bagian bawah sistem pencernaan.

Tata Cara Mengobati Kanker Kolon Dan Anjuran Makanan Sehat Bagi Penderitanya

Tata Cara Mengobati Kanker Kolon Dan Anjuran Makanan Sehat Bagi Penderitanya

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas secara detail apa saja penyebab dan gejala penyakit kanker kolon (kanker usus besar). Nah, bagi anda yang belum mengetahui apa penyebab kanker kolon, dan apa saja gejala yang ditimbulkannya, anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel sebelumnya, dan bagi anda yang sudah mengetahuinya, maka kita akan melanjutkan pembahasan kita dengan tema cara mengobati kanker kolon dan anjuran makanan sehat bagi penderitanya.

Cara Mengobati Kanker Kolon (Kanker Usus Besar)

Pengobatan yang dilakukan pada kanker kolon tergantung pada tingkat keparahan atau stadium dari kanker tersebut. Berikut merupakan pengobatan yang biasa dilakukan pada penderita penyakit kanker kolon.

Pengobatan Kanker Kolon Dengan Kemoterapi

Kemoterapi adalah salah satu jenis pengobatan yang dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker dengan memberikan obat-obatan dengan jumlah tertentu pada pasien. Obat-obatan yang diberikan sangat beragam jenisnya, ada yang berbentuk tablet untuk diminum, berbentuk infus dan kombinasi dari keduanya. Salah satu jenis obat kanker usus besar yaitu cetuximab dan bevacizumab.

Kemoterapi yang dilakukan pada penderita kanker kolon biasanya dilakukan sebelum operasi, hal ini bertujuan untuk menyusutkan tumor dan memperlambat penyebarannya. Selain itu, kemoterapi juga dilakukan setelah operasi agar sel kanker tersebut tidak tumbuh kembali.

Radioterapi

Konsep nya sama seperti kemoterapi. Radioterapi adalah salah satu pengobatan yang dilakukan untuk membunuh sel kanker, hanya saja radioterapi dilakukan dengan cara memancarkan radiasi tingkat tinggi pada bagian tubuh yang terdapat kanker.

Radioterapi biasanya dilakukan sebelum dan sesudah operasi. Radioterapi yang dilakukan sebelum operasi bertujuan untuk memperkecil ukuran tumor dan meringankan gejala. Sedangkan radioterapi yang dilakukan setelah operasi bertujuan untuk mencegah sel kanker tumbuh kembali.

Operasi

Operasi yang dilakukan untuk mengobati kanker kolon tergantung dari tingkat keparahan dari kanker tersebut. Apabila kanker tersebut masih dalam tahap awal, maka dokter akan melakukan operasi lewat kolonoskopi agar sel kanker tersebut bisa hilang. Namun jika operasi kolonoskopi tidak berhasil, maka akan dilakukan operasi laporoskopi atau operasi lubang kunci.

Apabila kesehatan pasien semakin menurun akibat penyebaran sel kanker. Maka tujuan dilakukannya operasi hanya untuk meringankan gejala dari kanker tersebut. Dengan mengombinasikan pengobatan kemoterapi dan radioterapi, diharapkan dapat memperbesar peluang hidup pasien tersebut.

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Kanker Kolon

Selain melakukan pengobatan, ada beberapa jenis makanan sehat yang dianjurkan dan yang harus dihindari bagi penderita kanker kolon. Beberapa jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut;

  • Perbanyak mengonsumsi makanan-makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayuran
  • Perbanyak mengonsumsi air putih
  • Rutin mengonsumsi madu murni
  • Hindari mengonsumsi daging merah secara berlebihan
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
  • Hindari makanan siap saji
  • Hindari makanan yang terlalu asin
  • Hindari makanan yang mengandung pengawet

Itulah ulasan kita mengenai cara mengobati penyakit kanker kolon dan anjuran makanannya. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Tags: , , , , , , , , , ,