Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Impetigo Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati impetigo dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, penyakit impetigo adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menular. Bayi dan anak-anak lebih rentan tertular dibandingkan dengan orang dewasa. Seseorang yang tertular penyakit ini ditandai dengan munculnya luka berwarna merah pada wajah, kaki, tangan dan leher.

Tata Cara Mengobati Impetigo Dan Anjuran Makanan Sehat Bagi Penderitanya

Cara mengobati impetigo dan anjuran makanannya

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas penyebab dan gejala penyakit impetigo. Bagi anda yang belum mengetahui apa saja penyebab penyakit impetigo, anda bisa membacanya dalam artikel sebelumnya melalui link di atas. Nah, bagi anda yang sudah mengetahui apa saja penyebabnya, maka kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai cara mengobati penyakit impetigo dan anjuran makanan sehat bagi penderitanya.

Cara Mengobati Penyakit Impetigo

Impetigo memang bukan sebuah penyakit yang mematikan, namun jika penyakit ini sulit sembuh akan mengakibatkan komplikasi yang dapat membahayakan. Maka, sebelum terjadi komplikasi kita harus secepatnya melakukan pengobatan jika timbul sudah gejala. Salah satu cara untuk mengobati penyakit impetigo bisa adalah dengan memberikan obat anti-biotik untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

Sebenarnya penyakit impetigo dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa pengobatan. Namun apabila penyakit ini tidak kunjung sembuh, anda harus memeriksakannya ke dokter agar dokter bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengobatinya.

Selain itu, seseorang yang menderita penyakit impetigo juga dapat disembuhkan dengan menggunakan salep atau krim anti jamur dan bakteri. Obat-obatan semacam ini biasanya sudah banyak tersedia di apotek-apotek.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Impetigo

Sebenarnya tidak ada makanan khusus yang dianjurkan untuk penderita penyakit Impetigo. Namun agar kesehatan tetap terjaga, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Nah, berikut merupakan makanan-makanan yang dianjurkan dan yang harus di hindari;

  • Perbanyak mengonsumsi buah-buahan segar khususnya yang banyak mengandung vitamin E.
  • Perbanyak mengonsumsi sayur-sayuran.
  • Mengonsumsi madu secara rutin.
  • Hindari makanan-makanan yang mengandung pengawet.
  • Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Cara Mencegah Penyakit Impetigo

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan penyakit impetigo;

  • Selalu membersihkan tangan dan kaki dengan sabun, setelah beraktifitas.
  • Apabila menyentuh kulit atau barang-barang orang yang menderita penyakit impetigo segera cuci tangan dengan sabun.
  • Menjaga kebersihan kuku.
  • Jika tangan anda kotor, usahakan agar tidak menyentuh hidung dan mulut.
  • Barang-barang milik penderita impetigo harus dipisahkan.
  • Mandi secara teratur pada pagi dan sore hari menggunakan sabun anti bakteri.

Nah, itulah ulasan kita mengenai cara mengobati penyakit impetigo dan anjuran makanan bagi penderitanya. Semoga ulasan singkat sehatfit ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai cara pengobatan pada penderita penyakit impetigo.


Tags: , , , , , , , ,