Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Hiperlipidemia Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati hiperlipidemia dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, hiperlipidemia merupakan keadaan tingginya kadar kolesterol dan kadar trigliserida dalam darah akibat kelainan metabolisme dan transportasi lemak (Lipid).

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas beberapa penyebab dan gejala penyakit hiperlipidemia. Bagi Anda yang belum mengetahui apa penyebab penyakit hiperlipidemia, saya sarankan agar membacanya telebih dahulu. Namun bagi Anda yang sudah mengetahui apa penyebab hiperlipidemia, maka kita akan lanjutkan pembahasan kita tentang cara mengobati penyakit hiperlipidemia dan anjuran makanan sehat bagi penderitanya.

Cara mengobati hiperlipidemia dan anjuran makanannya

Tata Cara Mengobati Hiperlipidemia Dan Anjuran Makanannya yang Sehat Untuk Penderitanya

Lipid (lemak), adalah salah satu zat yang bermanfaat untuk tubuh jika masih dalam porsi yang wajar. Salah satu manfaat lemak adalah sebagai cadangan energi dan sebagai zat untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Namun jika kadar lemak dalam tubuh sudah terlalu berlebih, hal ini justru akan mengakibatkan banyak masalah dalam jangka panjang.

Cara Mengobati Penyakit Hiperlipidemia

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit hiperlipidemia, salah satunya dengan melakukan diet rendah kolesterol dan juga diet rendah lemak jenuh. Selain itu, berolah raga secara teratur juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan menambah kadar kolesterol baik (HDL).

Selain dari cara di atas, masih ada cara lain untuk mengobati penyakit hiperlipidemia. Seperti apa cara pengobatannya? Berikut ulasannya;

  • Menurunkan berat badan bagi yang mengalami kelebihan berat badan
  • Berhenti merokok
  • Menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi
  • Olah raga secara rutin, dan menambah porsinya jika diperlukan
  • Mengonsumsi obat-obatan penurun berat badan. Namun cara ini harus atas izin dokter dan juga ahli gizi dan kesehatan.

Jika dengan cara di atas kadar lemak dan kolesterol jahat tetap tidak bisa berkurang, sebaiknya ada memeriksakan diri ke dokter agar dokter bisa memberi saran pengobatan yang tepat untuk masalah anda.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hiperlipidemia

Kadar lemak dan kolesterol berlebih dalam tubuh umumnya banyak disebabkan oleh faktor makanan. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang dianjurkan dan makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit hiperlipidemia, apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ulasannya;

  • Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.
  • Memperbanyak mengonsumsi buah-buahan.
  • Mengonsumsi sayur-sayuran, khususnya bayam.
  • Menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi seperti gorengan, jeroan dan daging kambing
  • Hindari makanan-makanan siap saji.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung pengawet.

Nah itulah ulasan sehatfit.com mengenai cara mengobati hiperlipidemia dan anjuran makanannya yang dianjurkan untuk penderitanya. Semoga uraian singkat di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai cara mengobati penyakit hiperlipidemia.


Tags: , , , , , , , , , ,