Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Hepatitis B Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati hepatitis B dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, penyakit Hepatitis B adalah penyakit yang menyerang organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis B. Penyakit hepatitis B adalah penyakit yang mudah sekali menular dan sangat berbahaya.

Bagi Anda yang belum sempat membahas seperti apa penyebab dan gejala penyakit Hepatitis B. Saya sarankan agar ada membaca terlebih dahulu penyebabnya pada link berikut. Namun jika Anda sudah pernah membacanya, maka kita akan meneruskan ke pembahasan selanjutnya mengenai cara mengobati hepatitis B serta makanan yang dianjurkan bagi para penderitanya.

Tata Cara Mengobati Hepatitis B Dan Anjuran Makanan Sehat Bagi Penderitanya

Cara mengobati hepatitis B dan anjuran makanannya

Penularan penyakit Hepatitis B terjadi dalam waktu singkat dan menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Maka jika hal ini tidak segera diobati, keselamatan jiwa penderitanya akan terancam.

Cara Mengobati Hepatitis B

Sebenarnya untuk Hepatitis B akut, tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasinya, karena pada dasarnya, Hepatitis B akut dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pengobatan khusus. Maksudnya dengan tetap menjaga pola hidup sehat Anda dan menjaga asupan gizi seimbang serta kebersihan lingkungan, dengan sendirinya tubuh akan meningkatkan daya tahan (imunitas) terhadap Hepatitis B. Tapi kalau gaya hidup Anda masih cenderung tidak sehat, jangan harap penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Adapun langkah-langkah pengobatan yang diambil, bertujuan untuk mengurangi gejala-gejala yang timbul akibat penyakit Hepatitis B. Namun meskipun demikian, penderita Hepatitis B tetap harus di periksa kesehatannya secara rutin. Adapun proses pemeriksaan ini meliputi;

  • Tes Darah
  • USG
  • FibroScan (Merupakan alat untuk mengukur tingkat pembentukan jaringan luka dan pengerasan jaringan pada hati)
  • Biopsi hati

Ada sebagian orang yang memiliki kekebalan tubuh yang dapat menekan perkembangan virus Hepatitis B sehingga tidak mengakibatkan kerusakan pada hati. Maka dari itu, obat-obatan yang di berikan pada penderita Hepatitis B tergantung pada ada atau tidaknya kerusakan yang terjadi pada hati penderitannya.

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Hepatitis B

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita Hepatitis B. Beberapa jenis makanan yang dianjurkan bagi penderita Hepatitis B adalah sebagai berikut.

  • Makanan yang di kukus atau direbus
  • Jus buah
  • Sayur-sayuran
  • Hindari makanan yang memiliki kalori tinggi seperti gorengan, kue tart, dll
  • Hindari makanan yang memiliki lemak tinggi seperti daging babi, daging kambing, jeroan, dll
  • Hindari makanan yang mengandung alkohol, soda serta minuman berkarbonasi.

Sebenarnya infeksi penyakit Hepatitis B dapat dicegah dengan memberikan vaksinasi, di mana vaksinasi diberikan untuk membuat tubuh kebal terhadap serangan virus Hepatitis B. Namun meskipun demikian, pemberian vaksinasi hanya memberikan proteksi maksimal 90% terhadap serangan virus Hepatitis B, dan tidak sepenuhnya memproteksi tubuh dari serangan virus tersebut.

Nah itulah ulasan mengenai cara mengobati hepatitis B dan anjuran makanannya bagi penderitanya. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Tags: , , , , , , , ,