Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati H1N1 Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati H1N1 dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, penyakit H1N1 adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Othomixoviridae yang endemik pada populasi Babi. Jika sebelumnya kita membahas penyebab dan gejala penyakit H1N1, maka kali ini kita akan membahas cara mengobati penyakit H1N1 serta makanan sehat yang dianjurkan bagi penderitanya.

Tata Cara Mengobati H1N1 Dan Anjuran Makanan Sehat Bagi Penderitanya

Cara mengobati H1N1 dan anjuran makanannya

Penyakit H1N1 adalah penyakit yang membuat resah dunia belakangan ini. Hal ini terjadi karena dampak yang ditimbulkan akibat H1N1 sangat fatal. Selain itu, penyebarannya pun sangat mudah dan cepat. Virus yang endemik pada populasi babi ini, awal mulanya ditemukan di Negara bagian Amerika Serikat dan menyebar luas ke seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Cara Mengobati H1N1

Berbagai cara dilakukan guna mengobati penyakit H1N1, salah satunya adalah melakukan uji laboratorium. Setelah dilakukan uji laboratorium, diperoleh sebuah fakta bahwa penyakit H1N1 sangat rentan terhadap anti-virus seperti Oseltamivir dan Zeltamivir. Saat ini, Centers for Disease Control and Prevention (CDN), yaitu Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat telah memberikan petunjuk pemakaian kedua jenis anti-virus tersebut guna menghambat maupun mengobati penyebaran penyakit H1N1.

Cara kerja Oseltamivir dan Zeltamivir adalah dengan menghambat neuraminidase, yaitu suatu glikoprotein yang terdapat pada permukaan virus influensa. Maka dengan menghambat neuraminidase, penyebaran virus H1N1 dapat dikendalikan. Dengan begitu, pemberian anti-virus seperti Oseltamivir dan Zeltamivir dapat dijadikan solusi terbaik guna menanggulangi penyakit H1N1

Selain dari pemberian anti-virus di atas, ada juga cara lain yang bisa dilakukan guna mengobati penyakit H1N1, seperti misalnya terapi analgesik, penekanan batuk, dan terapi cairan. Sebagai catatan, pengobatan akan lebih optimal jika dilakukan sebelum 48 jam dari penginfeksian awal.

Anjuran Makanan Sehat

Makanan yang dianjurkan bagi penderita penyakit H1N1 adalah makanan-makanan yang bebas dari pengawet dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral salah satunya adalah buah-buahan segar seperti, semangka, pisang, tomat dan lain-lain.

Selain itu, mengonsumsi madu juga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit H1N1. Sejak jaman dulu, madu dipercaya dapat mengobati segala macam jenis penyakit. Selain itu, madu juga memiliki sifat penakal racun di dalam tubuh. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tips Menghindari H1N1

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir penularan penyakit H1N1, salah satunya adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Selain itu, periksakanlah diri Anda dan keluarga ke dokter, minimal 2 kali dalam setahun.

Nah, itulah ulasan kita mengenai cara mengobati H1N1 dan anjuran makanannya yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai penyakit H1N1.


Tags: , , , , ,