Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Flu Babi Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati flu babi dan anjuran makanannyaSeperti yang telah kita bahas sebelumnya, penyakit flu babi adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus H1N1 yang endemik pada populasi babi. Sebelumnya kita sudah membahas penyebab dan gejala penyakit flu babi, maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk mengobati penyakit flu babi dan makanan yang dianjurkan bagi penderitanya.

Tata Cara Mengobati Flu Babi Dan Anjuran Makanan Sehat Bagi Penderitanya

Cara mengobati flu babi dan anjuran makanannya

Penyakit flu babi adalah penyakit berbahaya yang banyak memakan korban. Beberapa tahun terakhir, virus flu babi telah membuat resah dunia. Hal ini karena penularan virus ini sangat cepat, baik dari hewan ke manusia, maupun dari manusia ke manusia. Namun meskipun begitu, virus flu babi hanya dapat bertahan di udara antara dua sampai delapan jam saja.

Cara Mengobati Virus Flu Babi

Setelah dilakukan uji laboratorium, virus flu babi ternyata sangat rentan terhadap obat-obatan anti-virus seperti oseltamivir dan zanamivir. Selain itu, para peneliti sendiri telah memberikan petunjuk penggunaan dari obat-obatan tersebut guna mengobati maupun menghambat penularan virus flu babi. Berikut ini langkah pengobatan yang bisa dilakukan :

  • Oseltamivir
  • Zanamivir
  • Terapi

Oseltamivir dan zanamivir bekerja dengan menghambat neuraminidase, yaitu suatu glikoprotein yang berada pada permukaan virus influensa. Dengan menghambat perkembangan neuraminidase, penyebaran virus dapat berkurang. Maka dari itu, Oseltamivir dan Zanamivir merupakan terapi yang efektif untuk menanggulangi virus influensa tipe A dan B.

Selain dari pemberian obat-obatan di atas, ada beberapa jenis terapi yang bisa dilakukan guna mengobati infeksi virus flu babi, seperti terapi analgesik, penekanan batuk dan terapi cairan. Menurut penelitian, pengobatan virus flu babi akan lebih efektif jika dilakukan sebelum 48 jam dari penginfeksian, dan lama pengobatan pada penderita penyakit flu babi, sekurang-kurangnya 5 hari.

Anjuran Makanan Sehat Pasien Flu Babi

Makanan yang dianjurkan bagi penderita penyakit flu babi adalah makanan sehat yang bebas dari bahan pengawet, serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Ini bisa didapat dari buah dan sayuran yang mengandung banyak serat.

  • Buah semangka
  • Jeruk
  • Pisang
  • Sayur-sayuran
  • Madu

Mengonsumsi madu murni juga sangat disarankan bagi penderita penyakit flu babi. Karena madu murni memiliki banyak sekali khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, madu murni juga memiliki zat yang dapat menangkal racun dan berbagai penyakit yang terdapat dalam tubuh. Namun Anda harus berhati-hati ketika hendak membeli madu. Perhatikan apakah madu ini asli ataukah sudah dicampur dengan air.

Nah, itulah ulasan kita mengenai cara mengobati penyakit flu babi dan anjuran makanannya. Semoga ulasan sehatfit di atas bisa memberi manfaat dan menambah wawasan mengenai cara pengobatan pada penderita flu babi.


Tags: , , , , , , , , , , ,