Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Fibromialgia Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati fibromialgia dan anjuran makanannyaSeperti yang telah kita ketahui sebelumnya, penyakit fibromialgia adalah salah satu jenis penyakit yang membuat penderitanya sering mengalami nyeri pada sekujur tubuh. Dan Perempuan usia 30-50 tahun cenderung memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit fibromialgia dibandingkan dengan laki-laki.

Cara mengobati fibromialgia dan anjuran makanannya

Sebelumnya sudah kita bahas penyebab dan gejala penyakit fibromialgia secara menyeluruh. Jika Anda belum sempat membacanya, silakan disimak kembali. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengobati penyakit fibromialgia serta makanan sehat jenis apa yang dianjurkan bagi penderitanya.

Tata Cara Mengobati Fibromialgia Dan Anjuran Makanannya Sehat

Penyakit fibromialgia memang bukan penyakit yang serius. Hanya saja jika hal ini tidak segera diobati, maka dalam jangka panjang penyakit ini akan sangat berbahaya. Misalnya saja, jika dalam pasangan suami istri ada yang mengidap penyakit fibromialgia, maka keturunannya akan berpotensi mengidap penyakit yang sama dengan orang tuanya. Maka dari itu, kita harus segera mengobati penyakit ini sebelum penyakit tersebut semakin parah dan sulit untuk disembuhkan.

Cara Mengobati Penyakit Fibromialgia

Perlu dipahami lebih dulu bahwa tujuan pengobatan penyakit fibromialgia adalah untuk meringankan gejala yang ditimbulkan akibat penyakit tersebut seperti nyeri sekujur tubuh, cepat lelah, mudah stres, dan susah tidur. Kenyataannya memang penyakit fibromialgia umumnya sulit untuk disembuhkan khususnya bagi penderita fibromialgia karena faktor genetik. Namun begitu, sulit bukan berarti tidak bisa ya. Asal dengan usaha yang maksimal, pasti bisa segera dihilangkan.

Nah, adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit fibromialgia adalah sebagai berikut;

  • Pemberian obat-obatan

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat fibromialgia, bisa dengan memberikan obat-obatan pereda nyeri seperti parasetamol, tramadol, dan obat-obatan anti depresan. Dan apabila diperlukan, Anda bisa mengonsumsi obat penenang untuk meningkatkan kualitas tidur anda, tentunya dengan persetujuan dari dokter.

  • Melakukan terapi psikologi

Melakukan terapi psikologi juga dapat membantu dalam pengobatan penyakit fibromialgia yang diakibatkan oleh stress atau karena terlalu banyak pikiran.

  • Terapi fisik

Selain dari dua hal di atas, Anda juga bisa melakukan terapi fisik, misalnya saja olahraga ringan, berenang dan lain-lain.

Anjuran Makanan Sehat

Makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita fibromialgia adalah makan-makanan sehat yang dapat mencukupi kebutuhan gizi harian. Semuanya ada pada sayur-sayuran, buah-buahan segar, ikan dan daging.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak jenuh seperti gorengan, makanan-makanan pedas dan makan-makan yang mengandung pengawet.

Nah, itulah ulasan kita mengenai cara mengobati fibromialgia dan anjuran makanannya. Menurut para ahli kesehatan, fibromialgia merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan, namun meskipun demikian, sulit bukan berarti tidak bisa disembuhkan, karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Maka dari itu, tetaplah optimis menjalani hidup dan teruslah berusaha semaksimal mungkin agar Anda bisa kembali sembuh dan melanjutkan hidup Anda yang bahagia.


Tags: , , , , , , , , , , , ,