Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Fatty Liver Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati fatty liver dan anjuran makanannya – Seperti yang telah kita ulas dalam artikel sebelumnya, penyakit fatty liver adalah suatu keadaan di mana terjadi banyak penimbunan lemak yang berlebihan pada sel hati. Jika artikel sebelumnya kita membahas tentang penyebab dan gejala penyakit fatty liver, maka kali ini kita akan membahas cara mengobati penyakit fatty liver dan makanan yang dianjurkan bagi para penderitanya.

Tata Cara Mengobati Fatty Liver Dan Anjuran Makanan Yang Sehat

cara mengobati fatty liver dan anjuran makanannya

Penyakit fatty liver diakibatkan adanya pembengkakan pada hati yang disebabkan oleh lemak, dan merupakan gejala awal yang terjadi pada organ hati karena adanya gangguan fungsi hati. Memang fatty liver tidak begitu berbahaya, namun jika tidak segera diobati, penyakit fatty liver akan menyebabkan kerusakan pada organ hati. Selengkapnya baca penyebab dan gejala penyakit fatty liver di artikel sebelumnya.

Cara Mengobati Penyakit Fatty Liver

Sebenarnya, tidak ada penanganan khusus untuk mengobati penyakit fatty liver. Tujuan dari pengobatan adalah untuk menghilangkan penyebab yang mendasari terjadinya penyakit ini. Nah, berikut ini kita akan bahas beberapa hal yang bisa di lakukan untuk mengobati penyakit fatty liver.

  1. Ingat bahwa penyebab fatty liver adalah penimbunan lemak berlebih pada hati, maka diperlukan penurunan berat badan Anda untuk mengurangi lemak tersebut. Anda bisa mengubah polah makan dengan diet sehat untuk mendapatkan penurunan berat badan yang optimal secara bertahap setiap minggunya, minimal 0.5 kg dalam seminggu. Referensi Diet bisa dibaca di DietSehatCantik.com.
  2. Menurunkan lemak dalam darah seperti kolesterol dan trigliserida. Untuk menurunkannya Anda bisa mulai melakukan diet sehat juga dalam bentuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan diikuti dengan olahraga yang teratur.
  3. Bagi penderita diabetes, perlu dilakukan penurunan gula dalam darah.
  4. Menghindari minuman-minuman bersoda dan alkohol.
  5. Menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, makan-makanan pedas dan makanan yang banyak mengandung santan.
  6. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin E.
  7. Rutin berolah raga.

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Penderita Fatty Liver

Setelah sehatfit.com jabarkan cara untuk mengobati penyakit fatty liver. Sekarang akan kita bahas makanan apa saja yang dianjurkan untuk penderita penyakit fatty liver. Beberapa makanan-makanan yang dianjurkan bagi para penderita fatty liver adalah sebagai berikut.

  1. Memperbanyak makan buah-buahan segar terutama yang memiliki banyak kandungan vitamin E.
  2. Mengonsumsi sayur-sayuran.
  3. Tidak berlebihan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi putih, biskuit, puding dll. Apalagi karbohidrat instan seperti Mie Instant.
  4. Menghindari makan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti gorengan dan makanan-makanan yang berlemak lainnya.
  5. Hindari mengonsumsi susu dan produk olahan dari susu seperti keju dan butter. Kalau masih tidak bisa, pilih susu yang rendah lemak atau bahkan nol lemak.
  6. Hindari makanan yang mengandung pengawet dan pemanis buatan.
  7. Memperbanyak mengonsumsi air putih, 2 liter setiap harinya adalah jumlah minimal. Ukuran standarnya, berat badan dibagi 20, maka hasilnya itulah jumlah liter air.

Nah itulah ulasan kita mengenai cara mengobati fatty liver dan anjuran makanannya. Semoga artikel singkat di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai pengobatan penyakit fatty liver dan bisa mendapatkan hati yang super sehat.


Tags: , , , , , , , , ,