Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Enterobiasis Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati enterobiasis dan anjuran makanannya – Penyakit yang ditimbulkan oleh cacing sudah banyak ditemukan di dunia, salah satunya adalah penyakit Enterobiasis. Penyakit Enterobiasis umumnya ditularkan melalui media tanah (soil transmitted helminthes) yang di disebabkan oleh cacing yang bernama Enterobius vermicularis.

Penyebaran Enterobiasis ada di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Penyakit ini umumnya diderita oleh anak-anak karena tidak menjaga kebersihan. Dan sayangnya, kebanyakan penderitanya adalah anak-anak golongan ekonomi lemah, karena biasanya masyarakat golongan ekonomi lemah kurang peduli dengan kebersihan. Selain itu, penyakit Enterobiasis juga banyak lumayan ditemukan di daerah-daerah yang beriklim dingin karena biasanya penduduk daerah yang beriklim dingin malas untuk mandi dan mengganti pakaian dalam.

Cara mengobati Enterobiasis dan anjuran makanannya

Seseorang yang terkena penyakit Enterobiasis akan menunjukkan beberapa simptomp. Gejala yang paling sering terjadi adalah rasa gatal pada anus (pruritus ani) yang sering timbul pada malam hari. Gejala gatal pada anus yang disebabkan oleh cacing berbeda dengan rasa gatal yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Selain itu, seseorang yang menderita penyakit Enterobiasis umumnya akan menjadi kurus, susah tidur dan pasien akan mengalami iritable, terutama pada anak-anak. Selengkapnya Penyebab dan Gejala Penyakit Enterobiasis.

Cara Mengobati Enterobiasis Dan Anjuran Makanannya

Cara Mengobati Enterobiasis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit Enterobiasis, salah satunya adalah dengan menggunakan obat-obatan Anthelmintik (anti parasit). Obat Anthelmintik digunakan pada penderita penyakit Enterobiasis untuk mengurangi jumlah parasit pada saluran cerna dan jaringan tubuh.

Saat ini, kebanyakan obat-obatan Anthelmintik digunakan pada parasit spesifik dan beberapa bersifat toksik. Karena itu sebelum melakukan pengobatan harus dikenali dulu jenis parasit apa yang ada pada tubuh pasien. Biasanya cara mengenalinya adalah dengan memeriksa parasit, larva, dan telur pada urin maupun tinja. Jika seseorang terkena penyakit Enterobiasis, sebaiknya seluruh keluarga harus diberi obat guna mencegah penularannya.

Anjuran makanan untuk penderita enterobiasis

Penyakit Enterobiasis paling sering terjadi pada masyarakat golongan ekonomi lemah, karena biasanya masyarakat golongan ekonomi lemah kurang memerhatikan kebersihan dan kebutuhan gizi tubuh. Memelihara kebutuhan gizi tubuh adalah hal yang penting sekali untuk kesehatan. Untuk menjaga kecukupan gizi tubuh, kita bisa mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna yang bisa kita dapatkan dari sayur-sayuran, buah-buahan segar, daging, serta ikan.

Bagi penderita penyakit Enterobiasis sebenarnya tidak ada makanan khusus yang dianjurkan, dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bersih, itu sudah cukup untuk membuat anda terhindar dari penyakit Enterobiasis. Selain itu, selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah makan.

Nah, itulah ulasan kita mengenai cara mengobati enterobiasis dan anjuran makanannya. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh cacing. Mulai dari sekarang, biasakanlah untuk hidup sehat dan bersih agar anda terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit enterobiasis.


Tags: , , , ,