Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Emfisema Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati Emfisema dan anjuran makanannya – Penyakit Emfisema adalah suatu penyakit yang gejala utamanya ditimbulkan oleh penyempitan saluran penafasan. Hal tersebut disebabkan oleh kantung udara yang menggelembung secara berlebihan pada paru-paru, akibatnya terjadi kerusakan pada bagian paru-paru.

Selain itu, penyakit emfisema juga terjadi karena seseorang memiliki penyakit bronchitis yang sudah kronis. Biasanya penyakit bronchitis dipicu oleh kebiasaan sering merokok, akibat polusi kendaraan yang terhisap dan bisa juga karena faktor usia. Baca ulasan selengkapnya mengenai penyebab dan gejala emfisema. Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimanakah cara mengobati emfisema?

Cara Mengobati Emfisema Dan Anjuran Makanannya

Cara mengobati Emfisema dan anjuran makanannya

Cara Mengobati Penyakit Emfisema

Obat Herbal – Salah satu cara mengobati emfisema adalah dengan mengonsumsi obat herbal alami yang telah terbukti khasiatnya. Herbal yang sudah banyak dikonsumsi bahkan dibuat produk komersialnya adalah cordyceps. Salah satu jenis jamur yang banyak tumbuh di daratan tinggi di Tiongkok/China.

Obat-Obatan – Bronkodilator, obat untuk meringankan sesak nafas dan batuk, hanya saja kurang tepat untuk emfisema karena sasarannya sebetulnya untuk mengatasi asma.

Terapi dan Rehabilitasi – Langkah ini dilakukan dengan teknik pernapasan. Anda akan dilatih bagaimana mengatur pernafasan dengan baik untuk pengobatan dan kesehatan paru-paru dan tubuh.

Operasi – Langkah ini ditempuh jika memang penyakit emfisema yang Anda derita sudah tergolong berat. Operasinya dilakukan untuk mengurangi volume paru-paru, yaitu dengan memotong jaringan yang rusak. Bisa juga dengan transplantasi paru-paru jika paru anda sudah tidak mungkin lagi dikurangi.

Mengubah Gaya Hidup – Jika langkah pengobatan di atas sudah dilakukan, lanjutkan dengan mengubah pola hidup anda. Berhenti merokok dan berhenti minum, bukan lagi sebuah anjuran melainkan kewajiban. Bila perlu, anda mungkin harus pindah rumah ke daerah yang punya banyak udara segar jika lingkungan anda terlampau banyak polusi udara.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Penyakit Emfisema

Makanan yang dianjurkan untuk penderita penyakit Emfisema banyak sekali jenisnya, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Namun perlu anda ingat, penderita penyakit paru, misalnya emfisema, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang akan membuat tubuh memproduksi lendir.

Beberapa makanan yang dapat membuat tubuh memproduksi lendir adalah seperti susu, ikan, kacang tanah, cokelat, gula putih, dan makanan-makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan ini akan membuat paru-paru menjadi lebih parah, khususnya untuk penderita emfisema. Karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah manggis dan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3.

Agar anda terhindar dari penyakit paru-paru, berhentilah merokok saat ini juga, karena selain berbahaya bagi kesehatan diri sendiri, merokok juga sangat merugikan orang lain. Selain itu, perbanyaklah minum air putih untuk menjaga agar sekresi tidak menggumpal. Minimal 2 sampai 3 liter air yang harus anda konsumsi setiap harinya.

Nah, itulah ulasan sehatfit.com mengenai penyakit cara mengobati Emfisema dan anjuran makanannya. Semoga ulasan kita kali ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.


Tags: , , , , , , , ,