Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Demam Berdarah Dengue dan Penyebabnya

Di Indonesia ini siapa yang tak kenal dengan penyakit demam berdarah? Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang mampu menularkan virus yang menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Penderita dengan penyakit demam berdarah dengue atau yang lebih dikenal dengan DBD ini jika tidak segera mendapat pertolongan bisa menyebabkan kematian. Selain menyebarkan virus DBD ini, nyamuk Aedes Aegypti juga bisa menularkan penyakit cikungunya yang sama berbahayanya dengan DBD.

Sebenarnya, tanda dan gejala dari penyakit DBD tidak selalu nyata terlihat. Sering kali sulit untuk dikenali yang menyebabkan penderita terlambat ditangani sehingga menyebabkan kematian. Oleh karena itu, anda sangat perlu memahami gejala penyakit demam berdarah agar bisa memberi penanganan sedini mungkin untuk anda dan keluarga anda di rumah. Setelah anda mengetahui gejalanya biasanya dokter akan memeriksa darah untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya virus dengue di dalam tubuh anda.

5 Cara Mengobati Demam Berdarah Dengue dan Penyebabnya

Demam Berdarah Dengue - Cara Mengobati dan Penyebab

Banyak Minum Air Putih

Air putih atau biasa disebut dengan air mineral merupakan cairan terbaik yang bisa anda manfaatkan sebagai cara mencegah adanya DBD. Air mineral dapat menetralisir darah sehingga sangat baik untuk penderita DBD memperbanyak minum air mineral atau pun air pengganti ion tubuh.

Meminum Obat Pereda Panas

Tubuh yang terkena DBD akan mengalami demam yang mengakibatkan suhu tubuh meningkat. Oleh karena itu, bila tubuh penderita mulai panas, berikan obat yang mengandung paracetamol dan kompres tubuh yang demam dengan air hangat.

Baca gejala lengkap penderita DBD.

Makan Makanan Bergizi

Pasien yang mengalami penyakit DBD biasannya akan tidak bernafsu makan, namun usahakan agar penderita tetap terpenuhi asupan makanannya. Karena, obat yang paling baik bagi tubuh adalah makanan yang bergizi dan mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga asupan makanan sangat penting untuk kesembuhan penderita.

Minum Ramuan Ekstrak Daun Jambu

Jambu biji merah memang dikenal sebagai buah yang mampu menaikan trombosit pada tubuh. Namun, menurut penelitian daripada buah jambu biji merah, daun jambu biji ini justru lebih ampuh mengobati penyakit DBD. Dalam pembuatan ekstrak buah jambu memanglah sedikit sulit karena dibutuhkan keahlian khusus, namun karena dalam kondisi darurat cukup merebus 5 lembar daun jambu dengan 3 gelas air hingga air didihan tersisa 1 gelas saja. Setelah itu, air rebusan itu dapat diminum sehari sekali selama 3 sampai 4 hari. Air rebusan daun jambu ini memiliki warna coklat dengan rasa yang agak sepet.

Bawa ke Rumah Sakit Terdekat

Jika kasus DBD yang dialami penderita parah, segera bawa ke rumah sakit karena bisa saja penderita membutuhkan cairan infus atau bahkan transfusi darah. Penanganan melalui medis memang menjadi langkah yang sangat tepat jika penanganan secra tradisional tidak membuahkan hasil yang maksimal.

Berikut tadi adalah cara mengobati penderita dengan gejala demam berdarah, namun ada pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Sehingga, sebelum nyamuk Aedes Aegypti menyerang anda dan keluarga anda lebih baik mencegah perkembangbiakan nyamuk tersebut dengan menjaga kebersihan lingkungan anda. Seperti menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup penampungan air agar tidak menjadi habitat nyamuk dan mengubur barang – barang bekas yang sudah tidak terpakai yang dapat menjadi tempat penampungan air. Karena pada dasarnya nyamuk menyukai tempat – tempat yang lembab dan tergenang air.


Tags: , , , ,