Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati dan Mengatasi Asma Sesuai Faktor Pemicu

Cara Mengobati dan Mengatasi Asma Sesuai Faktor Pemicu – Penyakit asma bisa dialami oleh anak-anak, remaja, hingga orang yang sudah dewasa. Penyakit ini menimbulkan gejala yang cukup serius dan bisa jadi menghalangi seseorang untuk beraktivitas. Masalah asma ini bukanlah masalah satu orang, karena ketika satu orang tiba-tiba kambuh asmanya, maka semua orang wajib akan ikut mencoba mengatasi masalah tersebut. Banyak kasus terjadi di mana penanganan yang salah mengakibatkan penderita asma yang tidak tertolong. Alasannya tentu karena penderita tidak bisa mengambil nafas atau oksigen dengan mudah. Nah, kali ini kami akan memberikan pemaparan tentang bagaimana cara mengatasi atau mengobati asma ini dengan cara yang benar sesuai dengan pemicunya. Silakan ikuti ulasannya dalam artikel ini.

Tentang cara mengobati dan mengatasi asma sesuai faktor pemicunya yang harus diketahui

Cara Mengobati dan Mengatasi Asma Sesuai Faktor Pemicunya

Sebagai pengingat kita semua, gejala asma sangat bervariasi. Mulai dari rasa sesak yang datang dan pergi atau hilang timbul hingga kesadaran penderita yang menurun. Banyak sekali pencetus atau faktor pemicu asma. Di antara faktor pemicu atau pencetusnya adalah pemakaian obat-obatan herbal, debu, hingga suhu yang terlalu dingin. Cara mengobati asma harus disesuaikan dengan faktor pemicu ini. di mana ada dua cara utama yang bisa dilakukan, yakni;

Mencegah kambuhnya asma

Yang paling utama untuk dilakukan adalah bagaimana cara seseorang mencegah asma supaya tidak diderita atau kambuh. Pencegahannya tentu harus disesuaikan dengan faktor pemicunya. Misalnya, saat udara dingin, penderita asma disarankan untuk memakai pakaian tebal yang bisa menghangatkan tubuhnya. Selain itu, gunakan penutup hidung ketika berada di tempat berdebu atau setidaknya jagalah kebersihan dan hindari tempat-tempat yang berdebu. Pencegahan yang ketiga bisa dilakukan dengan meningkatkan kewaspadaan ketika mengonsumsi produk herbal.

Dari pemaparan di atas, diketahui bahwa cara mengobati dan mengatasi asma sesuai faktor pemicunya hanya bisa dilakukan oleh penderitanya. Penderita asma harus mengerti kondisinya sendiri sehingga bisa menjaga dirinya agar tidak kambuh, bukan dokter atau orang lain di sekitar penderita asma.

Mengobati asma pada penderita

Ada beberapa jenis cara untuk mengatasi asma pada seseorang, kami akan mengulasnya di bawah ini;

Pertama, penggunaan obat reliever

Obat yang satu ini memiliki fungsi untuk menghilangkan gejala penyakit asma yang bisa jadi berbeda pada masing-masing orang namun memiliki benang merah yang sama. Yang termasuk dalam obat ini adalah salbutamol.

Kedua, controller

Sementara itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan controller. Berbeda dengan obat reliever yang bisa digunakan untuk menghilangkan gejalanya, controller memiliki fungsi untuk mencegah sebelum gejala tersebut datang. Contohnya adalah budesonide yang diberikan secara inhalasi.

Ketiga, olahraga

Cara selanjutnya adalah dengan rutin menjalani olahraga. Olahraga yang disarankan adalah bersepeda, berenang, hingga jogging.

Semoga dengan cara mengobati dan mengatasi asma sesuai faktor pemicunya di atas kita jauh lebih bijak dalam menjalankan hidup sehat.


Tags: , , , , , , , , ,