Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Bisulan dan Anjuran Makanan Sehat

Bisul merupakan penyakit kulit yang sering terjadi pada seseorang. Penyakit kulit ini memang tidak begitu parah, tetapi jika tidak dilakukan penanganan yang cepat juga akan semakin parah. Meskipun penyakit yang dibilang kecil, tetapi juga harus dilakukan pengobatan cepat, karena bisul ini juga merupakan penyakit yang bisa menular. Bukan hanya itu, bisul juga bisa disebabkan karena makanan, sehingga Anda juga harus tahu makanan apa saja yang bisa memacu tumbuhnya bisul. Di sehatfit.com memberikan beberapa cara mengobati bisulan dan makanan sehat yang dianjurkan. Anda bisa mengikuti beberapa cara tersebut agar penyakit tersebut tidak terlalu lama menyakiti Anda.

CARA MENGOBATI BISULAN DAN MAKANAN SEHAT YANG DIANJURKAN BISA DILAKUKAN ATAS BEBERAPA CARA

Cara Mengobati Bisulan dan Makanan Sehat

Segera Diobati

Ketika bisul mulai tumbuh, segeralah diobati. Bisul yang baru tumbuh biasanya sudah terasa, seperti panas, gatal, dan nyeri. Jika sudah demikian cepatkan diobati dengan salep bisul yang biasanya dijual di apotek-apotek. Pengobatan dengan salep merupakan cara awal dan cara paling efektif. Salep bisa menghambat pertumbuhan kuman ketika bisul mulai tumbuh karena salep bisa berperan sebagai antibiotik. Jika tidak segera diobati bisul dapat merusak jaringan kulit dan akan memperparah kulit Anda, Anda juga akan terganggu dengan rasa nyeri yang menyertainya.

Jika salep tersebut belum juga membuat bisul mengempes dan bisul semakin membesar, segeralah meminum obat antibiotik. Antibiotik bukan hanya dilakukan dari luar saja, tetapi Anda juga harus melakukan pengobatan dari dalam. Pengobatan dari dalam berguna untuk membunuh kuman-kuman yang sudah berada di dalam agar bisa keluar dengan keadaan yang sudah mati, sehingga meminimalisir pertumbuhannya di luar kulit.

Menggunakan Penisilin

Obat penisilin ini merupakan obat luka yang bisa membunuh bakteri atau kuman-kuman penyebab bisul maupun penyakit kulit lainnya. Penisilin ini tepercaya ampuh untuk mengobati penyakit kulit. Namun, obat ini juga mempunyai kelemahan, yaitu dapat menyebabkan alergi. Tidak semua orang bisa menerima obat ini, sehingga sebelum memakai sebaiknya perhatikan diri Anda, apakah mempunyai alergi dengan obat ini atau tidak.

Selain itu, penisilin juga mempunyai efek negatif, yaitu tidak dapat bereaksi dengan baik terhadap enzim yang dikeluarkan oleh bisul. Bakteri penyebab bisul biasanya mengeluarkan enzim dan penisilin terkadang tidak bisa bekerja dengan baik melawan enzim tersebut. Dampak yang akan ditimbulkan ialah bisul justru akan lebih parah, bukannya lebih membaik.

Menggunakan Obat Alami

Menggunakan daging lidah buaya merupakan salah satu pengobatan alami untuk bisul. Anda bisa menggunakan getahnya untuk dioleskan di bisul tersebut. Namun, daging tersebut sebaiknya dihancurkan terlebih dahulu untuk mendapatkan getah yang lebih banyak, sehingga zat yang berada di dalam getah dapat bereaksi lebih keras.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan getah kamboja yang dioleskan langsung kepada kulit yang mengalami bisul. Kamboja juga bukan hanya getahnya saja yang bisa digunakan untuk obat bisul, tetapi daunnya juga dapat berfungsi. Anda bisa menempelkannya pada bisul. Namun sebelumnya, daun kamboja tersebut sudah dioleskan dengan minyak kelapa. Dari pengobatan alami tersebut mungkin akan terasa gatal, tetapi itulah reaksinya.

Pilih Makanan

Sering kali terdengar bahwa telur dapat menyebabkan bisul. Kandungan protein di dalam telur memang bisa menyebabkan timbulnya bisul atau dapat memperparah bisul. Itu memang benar. Untuk menghindarinya, ketika bisul mulai tumbuh, sebaiknya hindari makanan berprotein, makanan sehat yang anjurkan Anda bisa konsumsi makanan yang lebih banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah. Selain itu, kurangi juga makanan berlemak.

Itulah beberapa cara mengobati bisul dan makanan sehat yang dianjurkan. Telur tidak selalu dapat menyebabkan bisul. Bisul bisa saja terjadi karena faktor alergi, sehingga tetap menjaga pola hidup bersih dan segera obati jika bisul menyerang.


Tags: , , , , ,