Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Asam Urat yang Alami Dengan Herbal

Kesehatan adalah hal yang penting untuk dijaga. Menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan rutin olahraga adalah salah satu cara mencegah penyakit datang. Namun, jika penyakit sudah menyerang, Anda pun harus tahu bagaimana cara mengobatinya. Begitu pun jika Anda memiliki penyakit asam urat. Penyakit yang biasa menyerang orang lanjut usia ini bisa diobati agar tidak menjadi semakin parah. Berikut ini cara mengobati asam urat yang perlu anda ketahui.

Cara Mengobati Asam Urat yang Mudah dan Alami

Cara Mengobati Asam Urat yang Alami Dengan Herbal

Jahe untuk Mengurangi Rasa Sakit

Tanaman herbal ini adalah salah satu cara untuk mengobati penyakit asam urat. Kandungan yang terdapat dalam jahe mampu membantu penderita untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa membuatnya menjadi berbagai olahan.

  • Yang paling mudah adalah membuat wedang jahe yang bisa diminum setiap hari satu kali.
  • Selain itu, untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa menumbuknya dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

Meminum Air Rebusan Pare

Jenis sayur yang terkenal akan rasa pahitnya ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara pengobatan asam urat yang alami. Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebusnya bersama air.

  • Satu buah pare yang telah dibuang bijinya dan dipotong-potong, direbus dengan dua gelas air.
  • Biarkan mendidih hingga air yang tersisa tinggal setengah.
  • Minumlah air rebusan tadi setiap satu kali dalam sehari.

Kandungan Buah Ceri yang Bagus untuk Penderita Asam Urat

Mengobati asam urat juga bisa dengan cara mengonsumsi buah ceri. Kandungan antioksidan dan anthocyanin di dalamnya bisa dijadikan obat mujarab untuk asam urat. Buah ini juga berfungsi untuk mengurangi peradangan dan mencegahnya kambuh kembali. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan buah yang rasanya manis ini sebagai camilan.

Menghindari Makanan yang Mengandung Zat Purin

Zat purin tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, untuk mengurangi timbunan berlebih pada tubuh, sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindari beberapa makanan yang mengandung banyak zat purin.

Mengurangi makanan seperti daging, seafood, jeroan, atau makanan kaleng adalah salah satu cara mengobati penyakit asam urat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kambuhnya asam urat.

Mengkonsumsi Campuran Tanaman Herbal

Indonesia kaya akan tanaman herbalnya yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Campuran dari beberapa tanaman seperti cengkeh, kapulaga, kayu manis, biji pala, jahe dan cocor bebek bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Dengan takaran tertentu, rebus semua bahan tersebut dengan air dan garam hingga mendidih dan tersisa setengahnya, lalu meminumnya secara rutin tiga kali sehari.

Minum Air Putih Secara Rutin

Cara terakhir mengobati asam urat adalah dengan rutin meminum air putih setiap hari. Cara ini adalah yang paling mudah. Yang perlu dilakukan adalah meminum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari. Kedengarannya sederhana, namun Anda harus disiplin agar proses pengobatan menjadi lebih cepat. Air putih ini berfungsi memecah purin yang berlebih dan dikeluarkan melalui urin.

Itulah beberapa cara mudah dan alami untuk mengobati asam urat. Agar tidak kambuh lagi, anda perlu menghindari beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab asam urat. Pengobatan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Tanaman herbal yang alami juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara yang sehat untuk mengurangi rasa sakit pada asam urat. Dengan melakukannya secara rutin, proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat. Akan tetapi, sebelum mengonsumsi tanaman herbal ada baiknya untuk mengonsultasikannya dengan dokter agar tidak salah dalam pemilihan jenis tanamannya.


Tags: , , , , , , , , ,