Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Artritis Reumatoid dan Makanan Sehatnya

Siapa sih di dunia ini yang mau sakit? Semua orang pasti berdoa untuk selalu diberikan kesehatan, karena memang sehat itu mahal harganya. Tak ada yang bisa dilakukan saat penyakit menyerang tubuh kecuali berusaha untuk mengobatinya. Jika Anda mengalami radang persendian bisa jadi itu adalah penyakit Artritis Reumatoid. Ketika gejala sudah timbul atau bahkan sudah mulai menggerogoti tubuh Anda, berikut ini beberapa cara mengobati Artritis Reumatoid yang bisa dilakukan dengan makanan sehat.

Cara Mengobati Artritis Reumatoid dan Makanan Sehat Sebagai Sumber Asupan Gizi bagi Tulang

Artritis Reumatoid

Perbanyak Makanan yang Mengandung Lemak Baik

Selain obat-obatan, untuk mengobati penyakit Artritis Reumatoid Anda juga harus memperhatikan makanan sehat yang harus dikonsumsi. Dengan pemilihan asupan gizi dan nutrisi pada makanan akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. Tidak semua lemak buruk bagi tubuh, ada pula lemak baik yang justru dibutuhkan oleh tubuh bahkan dapat memperbaiki peradangan pada penderita Artritis Reumatoid.

Asam lemak omega3 merupakan salah satu sumber lemak baik yang dapat diperoleh dari minyak ikan dan biji rami. Lalu, jenis lemak baik lainnya adalah triptofan yang terkandung dalam susu kedelai, kacang tanah dan biji bunga matahari. Mengonsumsi beberapa makanan sehat tersebut adalah cara mengobati Artritis Reumatoid untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit pada persendian.

Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D untuk Pengobatan

Terserangnya penyakit pada bagian persendian bisa jadi diakibatkan kurangnya asupan kalsium dan vitamin D. Dua asupan kandungan gizi ini memang diperlukan bagi tulang dan persendian. Oleh karena itu, mengobati Artritis Reumatoid bisa dengan cara mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium.

Beberapa sumber makanan berkalsium adalah susu kedelai, jus jeruk, tahu dan air tajin. Makanan tersebut adalah sumber kalsium yang terbaik untuk penderita peradangan sendi. Selain itu, makanan ini juga baik untuk pencegahan osteoporosis atau penyakit tulang lainnya. Kemudian asupan lain yang dibutuhkan tulang dan sendi adalah vitamin D. Selain mengandung protein, telur juga bisa menjadi sumber vitamin D yang baik bagi tubuh.

Mengobati Artritis Reumatoid dengan Vitamin pada Buah dan Sayur

Tidak ada yang memungkiri bahwa buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, makan buah dan sayur bisa jadi cara pengobatan Artritis Reumatoid yang alami, bahkan dapat menguatkan sendi dan tulang. Brokoli yang mengandung banyak vitamin dapat dijadikan sumber nutrisi yang membantu penguatan sendi. Lalu, ada juga tomat dan wortel. Meskipun dua buah ini terkenal kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, mereka juga mampu mencegah kerapuhan tulang serta membuatnya lebih kuat.

Selain sayur, ada buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk para penderita Artritis Reumatoid. Buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, beri, dan kiwi sangat bagus untuk proses pengobatan penyakit ini. Di samping itu, tak hanya vitamin C yang baik untuk tulang, zat antioksidan juga diperlukan untuk melawan peradangan pada persendian. Apel adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan. Masih banyak lagi buah dan sayur yang bisa dijadikan sumber makanan sehat untuk pengobatan Artritis Reumatoid.

Dengan mengatur pola makan dan memilih sumber makanan yang baik untuk tulang dan sendi, proses pengobatan akan jauh lebih cepat. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi obat-obatan yang justru tidak baik bagi tubuh. Cara alami dan sehat untuk mengobati Artritis Reumatoid melalui makanan sehat seperti yang disebutkan di atas bisa jadi pilihan selain obat-obatan.


Tags: , , , , , ,