Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Bagi setiap wanita, mengalami anemia mungkin bukan termasuk hal yang asing lagi karena hampir setiap wanita pernah mengalami anemia. Pada kesempatan kali ini sehatfit.com akan menyediakan informasi mengenai bagaimana cara yang tepat untuk dapat mengobati anemia secara alami, baik bagi wanita ataupun pria. Anemia adalah sebuah kondisi di mana hemoglobin di dalam tubuh mengalami jumlah yang kurang dari semestinya. Masalah anemia apabila tidak mendapatkan penanganan dengan sesegera mungkin akan menyebabkan gangguan pada kesehatan karena hemoglobin memiliki fungsi mengikat oksigen yang digunakan dalam metabolisme.

Cara Mengobati Anemia Beserta Gejala Dan Penyebabnya

Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Gejala-Gejala Pada Penyakit Anemia

Pada dasarnya setiap penyakit memiliki gejala atau tanda yang timbul dan dialami oleh seseorang untuk menunjukkan penyakit yang dideritanya. Pada penyakit anemia, ada beberapa gejala yang mudah dikenali dan merupakan gejala yang umum. Akan tetapi, meskipun gejalanya tidak terlalu parah, penderita anemia harus segera mendapatkan penanganan yang tepat karena anemia dapat menyebabkan kondisi yang kronis kepada penderitanya. Berikut ini ada beberapa tanda atau gejala anemia yang mudah dikenali, diantaranya adalah

  • Mudah kelelahan,
  • Lemah,
  • Wajah pucat, dan
  • Kurang memiliki gairah.
  • Penderita anemia akan mengalami kondisi di mana ia tidak dapat berkonsentrasi serta mudah terkena infeksi.

Kondisi fisik penderita anemia yang paling umum adalah telapak tangan yang warnanya terlihat putih, selaput matanya yang lebih pucat, pusing, kepalanya merasa berputar yang disertai oleh mual saat hendak berdiri dari posisi duduk atau jongkok.

Selain itu, ada gejala yang menunjukkan anemia kronis, yaitu kuku rapuh, pecah-pecah di sudut mulut, lidah yang lebih lunak, dan susah menelan.

Penyebab Seseorang Mengalami Anemia

Cara untuk mengatasi anemia masih menjadi suatu hal yang penting dan menjadi perhatian banyak orang, akan tetapi sebelum mengetahui caranya, maka sebaiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia.

  • Pertama hamil. Kondisi ini hanya dialami oleh wanita dan saat seorang wanita hamil, maka jantungnya akan memberi sirkulasi peredaran darah untuk dirinya dan juga janinnya, sehingga volume darahnya harus ditambah. Selengkapnya, silaka baca ulasannya penyebab anemia saat hamil.
  • Kemudian pendarahan yang merupakan kondisi di mana seseorang dengan terus menerus mengeluarkan darah dan tidak mendapatkan penanganan sesegera mungkin untuk menghentikannya. Hal itu akan menyebabkan volume darah menjadi menurun atau bahkan hilang, sehingga kadar Hb turun dan terjadi anemia.
  • Kemudian dapat juga disebabkan oleh adanya penyakit seperti penyakit thalassemia yang termasuk penyakit kelainan yang terjadi pada darah dan hemoglobin diproduksi dengan jumlah sedikit, sehingga proses metabolismenya menjadi tidak lancar.

Cara Mengatasi Anemia Dengan Bahan Yang Alami

Bagi setiap orang yang sering mengalami anemia, maka mengatasi anemia dengan menggunakan bahan-bahan yang alami merupakan salah satu cara yang paling aman untuk dilakukan. Cara mengobati anemia bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Bawang Merah. Penderita anemia dapat mengonsumsi bawang merah sebagai salah satu bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengatasi anemia, caranya dengan merebus daun bawang merah dengan air secukupnya dan minumlah dengan menambahkan kuning telur dari ayam kampung.
  • Hati Ayam. Kemudian dapat juga diatasi dengan menggunakan hati ayam yang dicampur dengan 10 angco, rebus atau tim dan dapat dimakan langsung.
  • Sayur hijau seperti bayam, kubis, kangkung dapat menaikkan jumlah darah dan dapat mengontrol berat badan.
  • Kemudian dapat juga diatasi dengan mengonsumsi kacang almond yang memiliki khasiat untuk mengatasi anemia.
  • Buah-buahan. Terakhir dengan mengonsumsi buah-buahan yang segar seperti alpukat, apel, dan anggur. Makanan sehat dari jenis-jenis buah-buahan memiliki kandungan yang banyak untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tags: , , , , , , ,