Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Menghindari Demam Berdarah DBD Saat Musim Hujan

Cara Menghindari Demam Berdarah DBD Saat Musim Hujan– Musim hujan adalah musim yang paling ditunggu bagi para petani, tetapi selain membawa manfaat, musim hujan juga dapat membawa musibah. Selain musibah banjir, longsor dan yang lainnya, musim hujan juga merupakan musimnya para nyamuk untuk bergembira ria dan menyebarkan virus mereka kepada manusia, salah satunya DBD. Karena musim hujan sudah datang, yuk lebih waspada dan menghindari penyakit DBD dengan cara alami berikut.

Ini dia Cara Menghindari Demam Berdarah DBD Saat Musim Hujan yang Sederhana dan Murah

cara menghindari demam berdarah DBD saat musim hujan

Penyebab dari penyakit DBD adalah nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini memiliki fase yang unik. Dan jika sudah diderita oleh seseorang, penyakit ini bahkan bisa menyebabkan kematian dalam kondisi yang sangat serius. Menghindarinya adalah cara yang terbaik.

Pertama, singkirkan genangan air

Hindarkan atau singkirkan benda-benda yang dapat membentuk atau menjadi tempat genangan air. Dengan begini, nyamuk tidak akan memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan leluasa.

Kedua, jaga kebersihan

Membersihkan rumah secara teratur juga bisa menjadi salah satu cara yang benar untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk. Perhatikan pakaian yang tergantung, jendela, dan yang lainnya.

Ketiga, perhatikan selokan di sekitar rumah

Cara menghindari demam berdarah Dbd saat musim hujan selanjutnya adalah dengan memperhatikan selokan di sekitar rumah Anda. Bersihkanlahselokan-selokan atausaluran air itu sehingga air dengan mudah dapat mengalir dan tidak menggenang di sekitar rumah.

Keempat, kebiasaan membuang sampah

Buanglah sampah pada tempatnya kemudian lakukan treatment seperti dibakar atau dikubur sehingga tidak dimanfaatkan oleh nyamuk untuk bersembunyi dan berkembang biak.

Baca Juga: Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kelima, pikirkan tentang obat nyamuk alami dan instan

Adalah pakailah obat nyamuk untuk melindungi tubuh Anda dari nyamuk. Selain pemakaian obat nyamuk ini, Anda juga bisa memilih cara lain dengan memasang kelambu di kamar tidur dan membuat Anda aman dari nyamuk saat tidur.

Cara yang kami paparkan di atas mungkin menjadi cara umum untuk mencegah DBD atau demam berdarah. Namun sayang, kesadaran untuk melakukan cara di atas masih kurang sehingga masih banyak saja yang terkena penyakit DBD. Ingat, genangan di dekat rumah Anda tidak hanya akan mempengaruhi Anda dan keluarga tetapi juga bisa berpengaruh pada tetangga Anda.

Demikianlah cara menghindari demam berdarah DBD saat musim hujan yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat! Semoga kita selalu bisa menjaga kesehatan.


Tags: , , , , , ,