Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Mencegah Katarak dengan Makanan Sehat

Cara Mencegah Katarak dengan Makanan Sehat – Mata katarak menjadi masalah yang cukup banyak dialami oleh penduduk di Indonesia, khususnya yang usianya sudah cukup lanjut. Banyak yang melakukan operasi supaya bisa sembuh dari masalah katarak dan penglihatannya kembali normal. Namun, pola makan yang sehat sebenarnya juga bisa turut dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya mata katarak. Pola makan seperti apa saja?

Berikut ulasan lengkap cara mencegah katarak dengan makanan sehat

Cara Mencegah Katarak dengan Makanan Sehat

Makanan yang kaya antioksidan

Pilihan makanan sehat pertama yang harus dikonsumsi secara kontinu dan bisa menyehatkan adalah makanan yang kaya dengan antioksidan. Pilihlah buah dan sayuran yang mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Misalnya saja sawi, bayam, kangkung, brokoli, dan lobak. Sayuran-sayuran tersebut merupakan sumber dari antioksidan lutein karotenoid. Vitamin E dan vitamin C juga sangat Anda butuhkan supaya bisa mencegah pembentukan katarak. Anda bisa mendapatkannya dari jeruk, melon, ubi jalar, susu kedelai, mangga, minyak sayur, dan yang lainnya.

Pertahankan kadar kolesterol sehat

Sudah ada penelitian yang menyebutkan kalau tingkat kolesterol serta trigliserida yang tinggi mempengaruhi perkembangan katarak. Maka dari itu, sebaiknya Anda memperhatikan kadar kolesterol Anda. Perhatikan bagaimana kadar kolesterol jahat dan sehatnya. Jika kolesterol jahatnya terlalu tinggi, maka usahakan untuk menurunkannya. Di saat yang sama, Anda harus berusaha untuk mempertahankan kadar kolesterol sehat yang Anda miliki.

Hindari alkohol

Alkohol menjadi minuman yang sebenarnya harus dihindari dalam mencegah masalah mata katarak. Sebagai gantinya, cara mencegah mata katarak dengan makanan sehat adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Pilihan ini menjadi yang lebih sehat dibandingkan dengan pilihan lainnya. Studi juga sudah menunjukkan kalau tidak mengonsumsi alkohol bisa menurunkan risiko terkena penyakit katarak hingga 10 persen.

Lemak juga harus dikurangi

Jika Anda suka sekali mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak sehat seperti gorengan, atau makanan-makanan yang dimasak dengan minyak goreng bekas. Maka sebaiknya hindari makanan yang seperti ini mulai dari sekarang. Makanan yang digoreng mengandung lemak yang lebih banyak. Ironisnya, lemak yang terkandung tersebut adalah lemak tak sehat alias lemak jenuh. Manusia membutuhkan lemak, namun sebaiknya makanlah lemak yang sehat seperti lemak yang berasal dari buah alpukat atau minyak sayur dan minyak zaitun.

Berat badan ideal

Sangat disarankan bagi seseorang untuk mencapai berat badan ideal, sebab dalam sebuah studi ditemukan kalau orang yang memiliki berat badan berlebih dan obesitas memiliki risiko terkena penyakit katarak hingga 30 % dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal dan sehat. Coba timbang berat badan Anda dan mulai menghitung IMT atau Indeks Masa Tubuh. Temukan berapa berat ideal Anda jika berlebih sebaiknya diturunkan.

Cara mencegah katarak dengan makanan sehat di atas bisa menjadi pilihan mudah bagi Anda. Supaya bisa menjaga kesehatan dan terhindar dari masalah mata yang satu ini.

Salam Sehat – sehatfit.com


Tags: , , , ,