Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




4 Cara Mencegah Batu Ginjal dan Mengatasinya Secara Alami dan Cepat

Cara mencegah batu ginjal ini akan membantu seseorang untuk terhindar dari penyakit batu ginjal yang kini sudah menjadi momok bagi masyarakat. Untuk mencegah batu ginjal, Anda bisa melakukan cara-cara alami yang merupakan perpaduan antara perubahan gaya hidup dengan pemakaian obat. Dari segi perubahan gaya hidup, Anda bisa melakukan banyak hal seperti yang tertulis dalam artikel ini;

Cara Mencegah Batu Ginjal Secara Alami dan Cepat

Cara mencegah batu ginjal dan mengatasinya secara alami dan cepat

Pertama, meminum air dalam jumlah yang cukup

Kebutuhan akan air putih untuk tubuh Anda ada di kisaran 6 hingga 8 gelas dalam sehari. Namun demikian, seseorang yang punya faktor risiko lebih besar karena punya riwayat batu ginjal lebih disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 2,6 liter dalam sehari. Anda yang tinggal di iklim tropis atau panas bisa meningkatkan porsi air putih Anda. Nah, untuk mengetahui apakah kebutuhan air Anda tercukupi, Anda bisa melihatnya dari buang air kecil Anda. Jika urin terasa ringan dan bening dan tidak berwarna kuning atau yang lain, maka kebutuhan air Anda cukup.

Kedua, kurangi konsumsi makanan yang mengandung oksalat

Batu ginjal dapat terbentuk karena penumpukan kalsium oksalat yang terlalu banyak di ginjal. Maka dari itu, Anda harus menghindari makanan yang mengandung banyak oksalat seperti bayam, ubi jalar, produk kedelai, bit, teh, kacang, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus mengurangi konsumsi garam dan protein hewani. Jika memang butuh protein, maka kacang-kacangan akan lebih aman ketimbang protein hewani.

Ketiga, berhati-hati dengan suplemen kalsium

Cara mencegah batu ginjal ini juga bisa Anda lakukan dengan cara mengurangi suplemen kalsium. Anda bisa mengonsumsi suplemen kalsium jika dokter Anda menyarankan demikian.

Keempat, obat-obatan

Pada beberapa kasus penderita batu ginjal, pengobatan sudah tidak bisa dihindari lagi. Namun perlu Anda tahu bahwa pengobatan ini akan dilakukan sesuai dengan jenis batu ginjal yang sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya tentang penyebab batu ginjal.

Untuk penderita batu ginjal kalsium, obat yang sering diresepkan adalah diuretik thiazide atau obat lain yang mengandung fosfat.

Untuk penderita batu ginjal asam urat, obat yang diresepkan adalah allopurinol yang berfungsi untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah dan air kencing Anda.

Untuk penderita batu ginjal struvit, biasanya dokter akan merekomendasikan pemakaian antibiotik agar tidak terjadi infeksi yang lebih parah.

Untuk penderita batu ginjal sistin, dokter akan menyarankan untuk meminum air putih dalam jumlah yang banyak ditambah dengan obat untuk menurunkan kadar sistin dalam air kencing Anda.

Itulah 4 cara mencegah batu ginjal yang harus Anda ketahui dan Anda lakukan untuk menghindarkan Anda dari penyakit satu ini. Apalagi jika Anda memiliki faktor risiko yang cukup besar untuk menderitanya.

Salam Sehat – SehatFit.com


Tags: , , , , ,