Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Cara Ampuh Berhenti Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari, karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, gangguan janin, impotensi, dan lain-lain. Namun sayangnya masih saja banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk tersebut. Di Indonesia, pada umumnya rokok dikonsumsi oleh kalangan menengah ke bawah. Yang lebih menghawatirkan lagi adalah rokok sudah menjangkau remaja dan anak-anak. Fakta ini tentu harus menjadi perhatian Pemerintah dan orang tua pada khususnya. Ya, meski perokok sebenarnya tahu dampak buruk yang akan terjadi pada kesehatan, namun mayoritas dari mereka kesulitan untuk berhenti merokok karena efek nikotin dari rokok tersebut.

Nikotin diketahui sebagai zat utama yang menimbulkan efek kecanduan, sehingga penghisapnya tidak bisa berhenti begitu saja. Apakah anda mengalami masalah tersebut? Ingin berhenti merokok tapi sulit? Jika iya, maka sebaiknya anda menyimak ulasan kami tentang Cara Ampuh Berhenti Merokok di bawah ini. Sudah banyak orang yang berhasil mempraktekannya dan sekarang sudah berhenti secara total.

Cara Ampuh Berhenti Merokok

Cara Ampuh Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok

  • Perbanyak Minum Susu

Rokok biasanya akan nikmat jika ditemani dengan secangkir kopi. Kebiasaan inilah yang membuat para perokok sulit untuk berhenti, karena merasakan momen yang nikmat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka carilah alternatif minuman lain seperti susu. Ya, susu akan merusak cita rasa pada rokok sehingga anda tidak bisa menikmati momen saat merokok. Secara psikologis, hal itu akan membuat anda malas untuk merokok dalam jumlah banyak setiap harinya, dan bukan tidak mungkin bisa berhenti total secara perlahan-lanan.

  • Berhenti Secara Bertahap

Kesalahan fatal saat proses berhenti merokok adalah berhenti secara sekaligus. Hal ini tentu sangat fatal, karena jika seseorang berhenti merokok sekaligus maka akan mengakibatkan banyak efek samping seperti mudah pusing, gampang emosi, kehilangan fokus, dan lain-lain. Banyak orang yang gagal berhenti merokok, dan akhirnya kembali pada kebiasaan buruk tersebut. Maka dari itu, hindarilah berhenti merokok secara sekaligus, dan sebaliknya berhentilah secara bertahap. Jika biasanya anda merokok satu bungkus setiap hari, maka kurangi satu batang dari total jumlah rokok tersebut. Lakukan secara berulang sampai akhirnya anda bisa berhenti merokok secara permanen.

  • Ganti Merk Rokok Pada yang Lebih Murah

Langkah ini masih berkaitan dengan efek psikologis. Jika biasanya anda membeli jenis rokok yang mahal dan berkualitas, gantilah rokok anda pada kualitas yang lebih rendah dan harganya murah. Dengan demikian cita rasa rokok akan terasa hambar dan tidak enak saat dihisap. Lama kelamaan anda akan malas merokok dan berhenti total.

Itulah beberapa Tips dan Cara Ampuh Berhenti Merokok. Jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh disertai tekad yang kuat, maka cara di atas akan mudah dipraktekan. Namun sebaliknya, jika keyakinan anda untuk berhenti merokok masih setengah hati, maka akan terasa berat untuk mempraktekan tips di atas sehingga anda akan terus terjebak dengan rokok. Mulailah gaya hidup sehat dengan menghindari rokok, supaya anda bisa berumur panjang dan memiliki masa tua yang sehat. Sekian ulasan dari kami, semoga bermanfaat.


Tags: , ,