Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Beberapa Penyebab Anemia Saat Hamil

Beberapa Penyebab Anemia Saat Hamil – Anemia jadi satu masalah yang kerap dialami oleh seorang ibu hamil. Masalah ini bukan masalah yang sepele namun juga bukan menjadi masalah yang terlalu rumit. Namun demikian, kita tetap harus waspada dan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari anemia saat seseorang hamil berikut cara mengatasinya.

Ini dia beberapa penyebab anemia saat hamil bagi perempuan

Beberapa Penyebab Anemia Saat Hamil

Sebelumnya Anda harus mengetahui dulu beberapa jenis anemia yang mungkin diderita oleh seorang ibu hamil, di antaranya adalah;

Anemia karena kekurangan zat besi, kekurangan folat, dan kekurangan vitamin B12. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka tubuh tidak akan cukup bisa meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Sedangkan untuk anemia folat terjadi saat tubuh kekurangan folat atau asam folat yang menjadi salah satu jenis dari vitamin B. Sementara kekurangan vitamin B12 yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah yang sehat bisa mengakibatkan anemia jenis ketiga. Dari ketiga jenis anemia tersebut, ada penyebab dan faktor risiko yang sangat mungkin terjadi. Beberapa kondisi yang meningkatkan risiko seseorang terkena anemia saat kehamilan adalah;

Pertama, hamil lebih dari 1 anak

Seorang ibu yang hamil 1 janin saja sudah menguras banyak tenaga. Maka bayangkan jika ada dua janin yang ada dalam kandungan. Ini bisa meningkatkan risiko terjadinya anemia pada wanita hamil.

Kedua, hamil 2 kali dalam jarak pendek

Ada alasan mengapa seorang wanita harus mencegah kehamilan dulu setelah melahirkan. Salah satunya adalah agar tidak mengganggu kesehatan wanita tersebut. Sebab hamil dua kali dalam jangka waktu yang pendek bisa menjadi salah satu faktor risiko dan penyebab anemia saat hamil.

Ketiga, hamil di usia yang masih muda (remaja)

Masa produktif dan usia terbaik perempuan saat hamil sudah ditentukan. Mereka yang hamil di usia remaja misalnya, lebih rentan mengalami anemia saat kehamilan. Maka dari itu, sebaiknya dihindari.

Keempat, tidak mengonsumsi makanan dengan tepat

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan masalah anemia saat hamil adalah kesalahan dalam mengonsumsi makanan. Khususnya makanan yang mengandung zat besi. Ya, jika seorang wanita hamil tidak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, maka anemia mungkin saja dideritanya.

Kelima, memang sudah menderita anemia

Jika Anda memiliki penyakit anemia sebelum kehamilan Anda atau ada riwayat penyakit anemia, maka ini bisa jadi satu masalah yang akan muncul saat Anda sedang hamil. Masalah yang sama ini akan tampak 2 kali lipat lebih berat ketimbang anemia saat Anda masih dalam kondisi belum hamil.

Keenam, terlalu banyak muntah saat morning sickness

Salah satu gejala yang muncul saat seorang wanita hamil adalah morning sickness. Dan jika Anda sering muntah akibat hal ini, maka anemia mungkin saja Anda alami.

Dengan mengetahui penyebab anemia saat hamil di atas, kiranya Anda bisa mencegah penyakit ini dengan lebih pandai dan cerdas dalam menjaga kesehatan.


Tags: , , , , ,