Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Awas, Mengejan Bisa Jadi Penyebab Penyakit Ambeien

Penyebab Penyakit Ambeien sangat banyak macamnya, salah satunya adalah mengejan. Kegiatan ini biasanya dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja saat seseorang mengalami konstipasi. Akibatnya, pembuluh darah yang berada di sekitar anus terluka karena gesekan dengan feses atau tinja yang terlalu kuat. Hal ini kemudian membuat anus membengkak dan lebih sering dikenal wasir atau ambeien baik internal maupun eksternal. Selain mengejan, masih banyak kondisi lain yang menjadi penyebab ambeien atau wasir ini. Di antaranya ada yang bisa dihindari namun ada pula yang tidak bisa dihindari khususnya yang meningkatkan risiko seseorang terkena wasir. Penasaran dengan penyebab lengkap wasir? Kami akan sajikan ulasannya dalam artikel ini.

Ini dia penyebab penyakit ambeien pada orang dewasa lelaki dan perempuan

penyebab penyakit ambeien

Diare kronis

Diare menjadi salah satu penyebab yang mungkin bisa menjadikan wasir terjadi. Kondisi ini diakibatkan oleh anus yang sering mengeluarkan feses dalam intensitas yang sering dan dalam jangka waktu cukup lama. Hal ini secara tidak langsung bisa mengakibatkan iritasi di sekitar anus.

Sembelit atau konstipasi

Tidak hanya diare, sembelit atau konstipasi juga menjadi salah satu penyebab yang turut mengakibatkan wasir. Dengan kondisi feses atau tinja yang sulit dikeluarkan, seseorang akan mengejan hingga kemudian feses yang keras terbentur dan bergesekan dengan pembuluh darah di anus hingga mengakibatkan iritasi dan bahkan menumbuhkan benjolan.

Obesitas

Selain 2 faktor di atas, obesitas juga memegang peran yang bisa menjadikan seseorang terkena ambeien.

Hubungan intim lewat dubur

Sebaiknya, hindari berhubungan badan lewat belakang atau lewat dubur karena ini bisa mengakibatkan iritasi yang pada kelanjutannya akan berpotensi menjadi penyakit ambeien. Dengan kata lain, hal ini bisa jadi penyebab penyakit ambeien.

Kehamilan

Pada beberapa kondisi, seseorang yang sedang hamil bisa mengalami diare dan sembelit. Ini bisa memicu terjadinya ambeien.

Diet dengan rendah serat

Ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat seseorang harus melakoni diet rendah serat. Jika ini dilakukan terus menerus maka bisa jadi faktor terkena ambeien semakin besar.

Duduk dalam jangka waktu lama

Duduk dalam jangka waktu lama saat buang air besar di toilet menjadi salah satu penyebab ambeien atau wasir.

Selain informasi penyebab penyakit ambeien di atas, perlu Anda tahu kalau wasir bisa lebih parah seiring bertambahnya usia seseorang. Sebab bisa jadi pembengkakan yang ada di anus atau rektum tersebut tumbuh dan semakin besar. Ini juga akan dibarengi dengan rasa tidak nyaman pada sela-sela dubur saat Anda duduk, menyetir kendaraan, atau aktivitas lainnya. Selanjutnya, untuk mengatasinya, silakan konsumsi makanan sehat untuk penderita Ambeien ini.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , ,