Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Arti Warna Urin untuk Kesehatan

Arti Warna Urin untuk Kesehatan – Urin menjadi salah satu media yang bisa menandakan gangguan kesehatan yang dialami manusia. Kondisi kesehatan normal dan bermasalah bisa dibedakan dari warna urin Anda. Sebagaimana kami lansir dari IFLScience, berikut adalah arti warna urin bagi kesehatan dan masalah kesehatan yang menyertainya. Silakan simak.

Ini dia beberapa arti warna urin untuk kesehatan Anda

Arti Warna Urin untuk Kesehatan

Urin transparan atau bening

Jika saat ini urin Anda bening atau transparan, maka berbahagialah. Karena ini merupakan salah satu tanda kesehatan normal. Di mana Anda telah mencukupi kebutuhan air untuk tubuh Anda.

Urin kuning pekat

Mulailah waspada saat Anda memiliki urin dengan warna kuning, kuning gelap, atau pekat. Ini menjadi salah satu alarm dari tubuh yang mengharuskan Anda untuk meminum lebih banyak. Karena urin dengan warna ini menandakan kalau Anda kurang minum.

Urin warna cokelat atau kecokelatan

Anda mengalami ini, akan sangat baik jika Anda langsung banyak minum. Urin dengan warna cokelat atau kecokelatan ini bisa jadi tanda bahwa Anda sedang dehidrasi parah atau bahkan menjadi penanda penyakit liver. Akan sangat baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter ketika kondisi ini tidak cepat berubah.

Urin warna kemerahan

Salah satu kondisi yang mungkin dialami oleh wanita yang sedang menstruasi adalah urin yang kemerahan. Jika ini dialami saat menstruasi, tentu normal-normal saja. Namun jika urin dengan warna kemerahan ini dialami oleh lelaki atau perempuan yang sedang tidak menstruasi, maka tentu saja ini menjadi penanda penyakit. Arti warna urin untuk kesehatan khusus untuk warna kemerahan ini dikaitkan dengan masalah penyakit prostat, tumor, bahkan gangguan ginjal.

Baca Juga: Faktor Utama Penyebab Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Urin berwarna biru atau hijau

Urin berwarna biru atau hijau masih mungkin dialami oleh orang dengan kelainan genetik tertentu. Warna urin ini juga bisa menjadi penanda infeksi bakteri atau dikarenakan oleh penggunaan obat (berasal dari zat warna obat). Sebaiknya Ada memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika hal ini bertahan lama.

Urin berwarna ungu

Mungkin jarang yang mengalami masalah urin berwarna ungu ini. Namun, jika ini menerpa Anda, maka berhati-hatilah. Sebab warna ungu ini menandakan kondisi porfiria. Porfiria merupakan salah satu kondisi langka yang diwariskan melalui eritrosit atau sel darah merah. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan enzim dengan keterlibatannya dalam sintesa heme.

Apakah Anda mengalami salah satu dari arti warna urin untuk kesehatan di atas? Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami masalah di atas.

Salam – sehatfit.com


Tags: , , , , , , ,