Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




9 Gejala Diare yang Harus Diwaspadai

9 Gejala Diare yang Harus Diwaspadai – Diare menjadi salah satu penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja baik lelaki maupun perempuan. Banyak orang yang harus mengenali penyakit ini karena bisa menyebabkan dehidrasi dan bahkan lemas sehingga tidak bisa beraktivitas. Maka dari itu, kami akan gejala penyakit diare supaya Anda dapat lebih waspada. Simak.

Berikut 9 gejala diare yang harus diwaspadai dengan cermat dan sungguh-sungguh

Gejala Diare yang Harus Diwaspadai

Buang air besar atau BAB sering dan encer

Gejala pertama yang sudah sangat umum adalah bahwa seseorang yang mengalami diare biasanya akan buang air besar sering dengan tekstur yang encer. Ini bisa berlangsung 10 kali bahkan lebih dalam satu hari.

Kram perut

Selanjutnya, kram perut juga menjadi salah satu gejala yang mungkin terjadi. Kram perut ini rasanya mules, berbeda dengan kram yang diakibatkan oleh rasa sakit saat hendak menstruasi.

Demam atau panas

Suhu tubuh juga biasanya naik, jika sudah demam, agar Anda nyaman sebaiknya minum air putih sebanyak-banyaknya. Ini juga akan menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Darah dan lendir dalam tinja

Selain encer, tinja biasanya juga disertai dengan darah dan lendir. Namun bukan berarti semua orang yang diare mengalami gejala yang satu ini. Untuk itu, sangat penting untuk Anda mengenali penyebab diare.

Kembung

Tidak hanya maag yang bisa menyebabkan kembung, diare pun bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dalam perut seperti kembung.

Nyeri perut

Sudah pasti, saat Anda mengalami diare, rasa mulas dan kram juga bisa mengakibatkan nyeri di perut.

Tidak nafsu makan

Seorang penderita diare biasanya juga menunjukkan gejala malas makan dan merasa tidak nafsu untuk makan. Namun demikian, Anda tetap harus makan, biar selalu sehat.

Muntah

Diare yang disertai dengan muntah berkali-kali biasanya disebut muntaber.

Lemah dan lemas

Karena banyak sekali cairan tubuh yang keluar, maka tubuh akan terasa lemas dan lemah. Akan sangat baik jika Anda mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih . Semakin banyak semakin baik agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Gejala diare di atas tidak harus ada semuanya supaya Anda dikatakan menderita penyakit ini.


Tags: , , , , , , , , ,