Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




7 Penyebab Penyakit Jantung yang Utama, Wajib Tahu!

Penyebab penyakit jantung sangat beraneka ragam, namun Anda harus tahu agar dapat mencegahnya sejak dini. Penyakit ini bisa dikarenakan salah makan, penerapan pola hidup tak sehat, dan akibat dari penyakit lain yang diderita oleh seseorang. Apa saja penyebab penyakit ini? Simak ulasan detail khas sehatfit.com berikut ini.

Ini dia, 7 penyebab penyakit jantung yang paling utama, wajib tahu!

Penyebab Penyakit Jantung yang Utama

Pertama, usia

Salah satu faktor risiko seorang terkena penyakit jantung adalah saat usianya sudah menginjak di atas 65 tahun. Di usia ini faktor risiko seseorang terkena jantung meningkat sehingga disarankan untuk lebih waspada. Namun demikian, bukan berarti yang muda tidak bisa menderita penyakit ini. Waspada adalah salah satu kunci untuk terhindar dari penyakit ini.

Kedua, jenis kelamin

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa pria lebih sering ditemukan mengidap penyakit jantung ketimbang seorang wanita. Namun demikian, wanita juga memiliki potensi terkena penyakit ini. Bedanya, antara pria dan wanita bisa jadi tidak memperlihatkan gejala yang sama saat terkena penyakit jantung. Pada wanita, terkadang penyakit jantung muncul seperti gejala penyakit maag. (baca: Awas! Gejala penyakit jantung seperti gejala maag)

Ketiga, kadar kolesterol tinggi

Penyumbang penyebab penyakit jantung lainnya adalah kadar kolesterol jahat dalam darah yang terlalu tinggi. Kolesterol jahat atau yang sering disebut LDL yang menumpuk di pembuluh darah arteri dapat berubah menjadi plak dan menyebabkan penyakit jantung. Peningkatan kadar kolesterol ini salah satunya dipengaruhi oleh asupan makanan sehari-hari.

Keempat, adanya keturunan atau faktor genetik

Diakui atau tidak, faktor keturunan memegang peranan yang penting dalam menyumbang penyebab dari penyakit jantung, gagal jantung, dan yang lainnya. Ini merupakan penyebab sekaligus faktor risiko yang kadang susah untuk dihindari. Maka dari itu, Anda yang memiliki riwayat penyakit ini, misal ada keluarga, ayah, ibu, atau nenek (kakek) yang mengidap jantung, tingkatkan kewaspadaan dan lakukan tindakan pencegahan.

Kelima, gaya hidup yang kurang baik dan tak sehat

Pemilihan gaya hidup menjadi salah satu hal yang membuat risiko penyakit jantung kian berlipat ganda. Merokok, minum alkohol, mengonsumsi makanan tak sehat, dan tidak olahraga memicu terjadinya penyakit jantung. Selain menghindari makanan dan minuman yang dilarang, cara baik mencegahnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.

Keenam, adanya penyakit kronis

Tidak hanya riwayat keluarga, penyakit kronis yang diderita oleh seseorang seperti kegemukan atau obesitas dan diabetes juga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Ketujuh, hipertensi atau tekanan darah tinggi

Jika Anda memiliki tekanan darah yang masuk dalam kategori tinggi atau memiliki hipertensi, menjaga kesehatan jantung dan mengontrolnya adalah satu keharusan. Anda disarankan untuk cek 3 kali dalam setahun kondisi kesehatan jantung Anda.

Itulah 7 penyebab penyakit jantung yang paling utama. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , ,