Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




7 Menu Makanan Sehat untuk Penyakit Anemia

7 Menu Makanan Sehat untuk Penyakit Anemia – Anemia memiliki gejala penyakit yang cukup mirip meski memiliki penyebab yang berbeda-beda. Penyakit ini bisa dihindari dan dicegah dengan pola hidup yang sehat. Pilihan makanan yang tepat dapat mengurangi gejala penyakit anemia. Apa saja makanan sehatnya?

Ini dia beberapa menu makanan sehat untuk penyakit anemia

Menu Makanan Sehat untuk Penyakit Anemia

Pertama, delima

Salah satu buah yang bisa Anda konsumsi saat mengalami anemia adalah buah delima. Buah delima mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat banyak sehingga dapat membantu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah ini juga bisa mengurangi gejala yang mungkin seperti lelah, lemah, pusing, dan yang lainnya.

Kedua, telur

Telur selain mengandung protein yang cukup banyak juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk anemia karena mengandung antioksidan. Satu telur besar mengandung 1 mg zat besi yang dapat digunakan untuk memerangi anemia.

Ketiga, tomat

Vitamin C dalam tomat juga mengandung lycopene. Kandungan vitamin C ini dapat membantu penyerapan zat besi. Selain itu, tomat juga mengandung betakaroten dalam jumlah yang sangat banyak. Kandungan betakaroten bersama dengan vitamin E dapat membantu menyehatkan kulit dan rambut.

Keempat, selai kacang

Selain kacang mengandung banyak sekali zat besi. Anda bisa memasukkan selai kacang dalam menu makanan sehat untuk penyakit anemia. Sebagai menu harian, Anda tentu bisa jadi merasa bosan jika terlalu sering. Jika ini terjadi, Anda bebas mengonsumsi kacang tanah dengan cara yang lain, misalnya dipanggang atau yang lainnya.

Kelima, daging merah

Pilihan lauk yang tepat saat Anda mengalami anemia adalah daging merah. Selain kandungan zat besi yang banyak, daging merah juga mengandung vitamin B12. Bahkan jika Anda mengonsumsi daging (bagian hati), ini mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat banyak hingga 600 persen.

Keenam, bayam

Sudah bukan rahasia jika sayuran hijau satu ini mengandung banyak sekali zat besi. Bayam menjadi sayuran yang paling banyak dicari saat anemia menyerang. Ditemukan bahwa setengah cangkir bayam yang telah direbus mengandung 3,2 mg dari zat besi di mana jumlah ini setara dengan 20 persen zat besi yang dibutuhkan dalam tubuh seorang perempuan. Selain zat besi, kandungan lainnya adalah kalsium serat, betakaroten, vitamin A, vitamin C, vitamin B9, dan vitamin E.

Ketujuh, kedelai

Susu kedelai atau olahan kedelai lain bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk menuntaskan anemia Anda. Kedelai mengandung protein dan rendah akan lemak yang dapat memerangi anemia.

Selain 7 menu makanan sehat untuk penyakit anemia di atas, ada makanan lain seperti kacang-kacangan, makanan laut, madu, dan yang lainnya.

Sehatfit.com


Tags: , , , , ,