Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




7 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Baru Melahirkan

7 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Baru MelahirkanIbu yang baru melahirkan membutuhkan banyak tenaga untuk menyusui anaknya. Demi mendapatkan asupan gizi terbaik, seorang ibu harus memilih makanan yang sesuai dengan kondisinya saat ini. Jika Anda pun sedang bingung mencari makanan sehat apa saja yang tepat, kami akan sajikan beberapa makanan dalam artikel ini yang dapat Anda olah dalam makanan sehari-hari. Simak.

Ini dia 7 makanan sehat untuk ibu menyusui baru melahirkan

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Baru Melahirkan

Makanan sehat salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk ibu menyusui. Selain itu, salmon mengandung DHA yang baik untuk sistem saraf bayi. Jika Anda mengonsumsi salmon sebanyak 2 minggu sekali, maka kadar DHA dalam tubuh ibu akan naik dan ini baik sekali untuk ibu dan bayi. Namun demikian, jangan terlalu banyak mengonsumsi salmon, karena salmon mengandung merkuri.

Daging sapi tanpa lemak

Jika sekali waktu Anda bosan dengan ikan dan ingin mengganti menu makanan, cobalah pilih daging sapi tetapi tinggalkan lemaknya. Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi, protein, dan vitamin B12. Manfaat daging sapi tanpa lemak bagi ibu hamil adalah dapat meningkatkan energi.

Roti

Roti bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang bisa Anda konsumsi saat hamil, Anda mungkin akan mendapatkan energi dari makanan ini. Tetapi berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda adalah hal bijak yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Resep Makanan Bayi Sehat: Bubur Labu Oatmeal Apel

Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk ibu menyusui selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan selain memberikan kandungan protein untuk tubuh juga akan memberikan kandungan serat yang bisa memperlancar sistem pencernaan. Ini juga bisa menjadi solusi bagi ibu menyusui yang ingin menyusui sambil menurunkan berat badannya.

Sayuran hijau

Pilihlah sayuran berdaun hijau yang mengandung asam folat, serat, dan zat besi untuk tubuh Anda. Dengan kandungan tersebut, Anda akan terhindar dari sifat malas, dan tetap aktif serta energik selama menyusui. Anda juga akan merasakan badan Anda lebih ringan dan bisa beraktivitas dengan mudah.

Susu rendah lemak

Pilihlah susu yang mengandung lemak dalam jumlah rendah. Anda bisa memilih mentega, keju, dan produk susu rendah lemak lainnya. Selain kandungan lemak yang sedikit, Anda juga harus mempertimbangkan kandungan lain seperti vitamin D, kalsium, dan vitamin B. Selain baik untuk ibu, semua kandungan ini baik untuk bayi saat ibu menyusui bayinya.

Beras merah

Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari beras merah. Ini merupakan salah satu sumber karbohidrat yang juga harus ada dalam menu makanan sehat Anda setelah melahirkan. Karbohidrat akan memberikan Anda energi yang baik selama menyusui. Selain itu, beras merah juga akan menjaga dan membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Itulah 7 makanan sehat untuk ibu menyusui yang dapat Anda pilih untuk dikonsumsi. Selamat memilih dan semoga bermanfaat.

Salam – sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,